31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKULINERUnik, Warung Sego...

Unik, Warung Sego Sambel Ndeso Sajikan Menu di Atas Cobek yang Dibakar

BETANEWS.ID, KUDUS – Di dalam Warung Sego Sambel Ndeso yang berada di Jalan KH Moh Arwani No. 8, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, tampak beberapa pembeli sedang menikmati sajian kuliner pedas. Di antara mereka, ada pula yang sedang menunggu pesanan diantar oleh pelayan warung tersebut.

Di dapur, terlihat cobek kecil dari tanah liat yang berisi sambal dibakar di atas kompor dengan api besar. Setelah sambal meletup-letup, lalu dimasukkan isian tempe, tahu, ayam dan lalapan. Cobek kemudian diangkat dan diletakkan di atas talenan kayu sebagai alas, selanjutnya diantar kepada pelanggan.

Menurut Rifki Yudha Priyatna (29) owner Warung Sego Sambel Ndeso, cara memasak dan penyajian itulah yang menjadi keunikan sekaligus pembeda dari warung lainnya. Karena keunikan itulah, warungnya selalu ramai dan tak pernah sepi pembeli.

- Ads Banner -

Baca juga: Udang Keju, Snack di Bakso Soloensis yang Rasanya Bikin Banyak Orang Penasaran

“Kami punya cara masak dan penyajian yang unik, seperti hot plate tapi bedanya pakai cobek kecil dari tanah liat yang dipanaskan dengan api besar. Pelanggan juga bisa melihat langsung cara memasaknya,” Katanya, Rabu (16/11/2022).

Ramai, pengunjung menikmati sajian di Warung Sego Sambel Ndeso. Foto: Beta News – Erna Safitri

Sedangkan konsep menu yang ditawarkan, kata Yudha, merupakan olahan makanan ndeso yang digabungkan dengan menu ala Lamongan. Untuk cita rasa dari olahan masakan tersebut menggunakan bumbu manis atau bacem dari resep keluarga.

Masih kata Yudha, di warung Sego Sambel Ndeso terdapat beberapa pilihan sambal. Ada empat pilihan yaitu sambal terasi, sambal sangar, sambal kobong ngosos, dan sambal kobong. Untuk sambal sangar menggunakan cabai jemprit dari Muria, lalu sambal kobong perpaduan antara sambal terasi dan sambel sangar.

“Menu ndeso dan Lamongan tapi kami ada jeroan juga. Untuk rasanya sesuai dengan orang Kudus yang cenderung suka manis jadi dimasak pakai bumbu manis. Perpaduan menu dan sambalnya ini sangat cocok apalagi di cuaca dingin seperti ini,” tandasnya.

Menu yang ditawarkan di Warung Sego Sambel Ndeso di antaranya, ada puyuh ungkep rempah, ayam kampung kalasan, udang jumbo, kepala ayam, limpa sapi, iso sapi, ati ampela, iwak asap, ayam goreng madu, telur dadar, telur ceplok, tempe tahu, cah kangkung dan masih banyak lagi.

“Paling best seller ayam goreng madu, udang jumbo, dan kulit ayam. Paling ramai di jam makan siang, lanjut sore sampai malam. Kira-kira sehari bisa habis sampai 100 porsi dan bertambah saat weekend bisa 200-300 porsi,” tandasnya.

Baca juga: Yang Doyan Pedas Wajib Coba, Mie Petir di Demak Ini Rasanya Lebih Terasa dan Pedasnya Luar Biasa

Yudha menambahkan, Warung Sego Sembel Ndeso ini buka dihari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00-21.00 WIB, selain datang langsung pelanggan dapat memesan melalui Grab Food ataupun driver dari Segi Sambel Ndeso.

Pelanggan di Warung Sego Sambel Ndeso, Rokhis mengaku sudah dua kali datang ke warung milik Yudha tersebut, setelah melihat refrensi dari sosial media Instagram. Menurutnya, menu makanan di Sego Sambel Ndeso seperti menu rumahan, rasanya enak serta bumbunya meresap. Selain itu terdapat pilihan sambel dan tingkat kepedasan yang bisa dipilih.

“Dua kali ke sini setelah tau dari Instagram. Kebetulan kerjanya di dekat sini. Untuk makanannya seperti masakan rumahan, rasanya pas enak, bumbunya meresap, harganya juga pas,” tandas perempuan asal, Daren, Jepara itu.

Editor: Suwoko

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler