Sejumlah pekerja tengah merangkai bambu menjadi matras dalam proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. Foto: Rabu Sipan

Teknologi bambu diterapkan dalam pembangunan proyek Tol Semarang-Demak, tepatnya pada seksi 1. Teknologi bambu merupakan yang pertama digunakan untuk struktur bangunan jalan tol di Indonesia. Teknologi bambu digunakan sebagai bantalan pembuatan struktur jalan yang juga terintegrasi sebagai tembok laut.

Saat ini, proses penerapan teknologi bambu pada proyek Tol Semarang-Demak baru dalam tahap trial embankment. Dalam tahap ini, bambu akan diuji coba sebagai cerucuk dan matras. Selanjutnya struktur bambu akan ditimbun dengan material pasir, sebelum struktur jalan tol dibangun diatasnya.

Berdasarkan pantauan Tim Lipsus Beta News belum lama ini, sejumlah pekerja tampak merakit bambu yang akan digunakan sebagai cerucuk dan matras. Bambu-bambu tersebut diikat menggunakan tali. Proses trial embenkment dilakukan para pekerja di kawasan industri Kaligawe, Kota Semarang, yang lokasinya berada di tepi laut.

Banner Ads
Engineer PT PP, Indah Herning Suari. Foto: Rabu Sipan

Kepada Tim Lipsus Beta News, Engineer PT PP, Indah Herning Suari menjelaskan, bambu yang akan digunakan sebagai cerucuk, dirangkai dari tujuh batang dalam satu klaster. Sedangkan bambu yang akan digunakan sebagai matras, dirangkai satu persatu di atas laut.

Ini saya sekaligus ingin meluruskan anggarapan masyarakat, yang menganggap jalan tol ini nanti akan dibangun dengan bambu. Anggapan ini tidak benar, karena bambu ini hanya digunakan sebagi self improvement

Indah Herning Suari, Engineer PT PP.

“Jadi saat ini pembangunan tembok laut yang sekaligus akan menjadi jalan tol masih dalam proses trial embenkment. Ini dilakukan sebagai pengujian terhadap teknologi bambu yang diterapkan dalam proyek Tol Semarang-Demak seksi 1,” ujar Indah saat ditemui di lokasi pengerjaan trial embenkment, belum lama ini.

Indah mengatakan, bambu-bambu yang akan digunakan sebagai matras dan cerucuk didatangkan dari sejumlah daerah di Indonesia. Ada yang dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga dari Jawa Barat. Bambu yang dipergunakan, dipilih sesuai spesifikasi yang ditentukan, baik diameter maupun panjangnya.

Tinggalkan Balasan