31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Keren! Siswa SD Cahaya Nur Kudus Olah Kulit Jeruk Pamelo jadi Sabun

BETANEWS.ID, KUDUS – Siswa SD Cahaya Nur Kudus membuat berbagai karya cukup menarik pada gelaran Educational Project (Edupro) 2024. Salah satu yang menyita perhatian adalah sabun mandi berbahan kulit jeruk pamelo karya kelas V.

Perwakilan pembuat karya sabun, Sinatria Tirta Pradjayana, menyampaikan, pemilihan kulit jeruk dan buah parijoto karena dua buah tersebut merupakan buah asli dari Kudus.

“Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kearifan lokal agar punya nilai ekonomi lebih. Selain itu, kulit jeruk pamelo yang biasanya terbuang percuma nantinya bisa jadi lebih bermanfaat,” ujar Sinatria, Jumat (15/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Nyentriknya Siswa SD Cahaya Nur Kudus Kenakan Pakaian Daur Ulang di Edupro 2024

Sinatria pun kemudian menjelaskan cara membuat sabun dengan bahan kulit jeruk pamelo dan buah parijoto. Pertama-tama blender dulu buah parijoto. Sedangkan kulit jeruk pamelo dihancurkan menjadi bubuk.

“Setelah itu, buah parijoto yang sudah diblender dimasukkan ke dalam sebuah teko. Lalu masukkan minyak zaitun, air suling, minyak kelapa, jeruk nipis, dan bubuk kulit jeruk pamelo dengan takaran secukupnya,” bebernya.

Ketika semua bahan sudah dimasukkan, kata dia, kemudian diaduk sampai rata. Setelah dirasa sudah rata, adonan tersebut dituang ke dalam cetakan sesuai bentuk yang diinginkan.

“Lalu diamkan selama 15 hari. Setelahnya, sabun yang terbuat dari kulit jeruk pamelo dan buah parijoto siap digunakan,” jelasnya.

Baca juga: Keren, Siswa PGRI 2 Kayen Pati Olah Cangkang Keong Emas jadi Suplemen Ayam Petelur

Sabun dengan bahan kulit jeruk pamelo dan buah parijoto ini diberi nama Saman Pameto. Sinatria mengaku, ia dan temannya mampu membuat sabun tersebut karena diajari gurunya.

“Sabun-sabun hasil karya kami ini kita bagikan kepada para pengunjung, siswa lain, maupun orang tua siswa yang hadir dalam gelaran Edupro Cahaya Nur Kudus 2024,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER