31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Nyentriknya Siswa SD Cahaya Nur Kudus Kenakan Pakaian Daur Ulang di Edupro 2024

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak tujuh siswa SD Cahaya Nur tampak berlenggak-lenggok di atas panggung. Mereka tampak mengenakan kostum berbahan kardus, koran, plastik, dan lainnya.

Meski terbuat dari bahan daur ulang, tapi pakaian itu terlihat nyentrik dan keren. Bahkan, mereka bak peragawati kala menampilkan karyanya dalam Educational Project (Edupro) 2024 itu.

Penampilan drumband Siswa SD Cahaya Nur di Edupro 2024. Foto: Rabu Sipan

Kepala SD Cahaya Nur Kudus, Nanik Doso Arum Indah Lestari mengatakan, Edupro 2024 mengambil tema Loving the Earth For the Future. Di mana Edupro 2024 ini merupakan proyek penguatan Pancasila yang diselaraskan dengan ciri khas Cahaya Nur.

-Advertisement-

Baca juga: Pelamar Kelas Khusus Olahraga di SMAN 3 Pati Membludak

“Nilai-nilai itu meliputi karakter choice, sosial emosional skill, dan juga implementasi dari kurikulum merdeka,” ujar Nanik, Jumat (14/6/2024).

Dia mengungkapkan, selama ini tema yang ada di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah “Aku Cinta Bumi”. Sementara Cahaya Nur adalah kehidupan berkelanjutan, kearifan lokal dan juga kewirausahaan.

“Kami harapkan anak-anak mencintai bumi ini dengan peduli lingkungan. Melihat sekitar persoalan yang ada di Kabupaten Kudus, salah satunya adalah sampah,” bebernya.

Dengan tema Loving the Earth For the Future tersebut, ungkap Nanik, selama setahun para siswa diedukasi untuk mencintai bumi. Para siswa diajari mengolah sisa makanan menjadi pupuk, sisa kertas jadi ecobrick, bahkan pakaian.

“Para siswa juga kita ajarkan untuk membuat aneka produk hasil dari kearifan lokal, di antaranya, jeruk pamelo, pisang byar, dan parijoto. Buah tersebut diolah untuk dijadikan es krim, es kuwut, donat, dan lain sebagainya. Sementara kulitnya diolah jadi sabun cuci tangan dan lainnya,” beber Nanik.

Dengan bagitu, kata Nanik, akan tercipta di pikiran anak-anak sebuah industri, inovasi, dan juga infrastruktur konsumsi yang bertanggung jawab. Para siswanya tentu bangga bisa menciptakan produk-produk dari bahan-bahan yang dianggap sampah oleh orang lain.

Baca juga: Robot Ciptaan SMK Wiskar Akan Dikembangkan Bisa Masak Berbagai Kuliner

“Kita bisa mencintai bumi dengan melakukan mencintai lingkungan, sehingga itu bisa berdampak yang baik untuk masa depan,” katanya.

Nanik menuturkan, Edupro 2024 Cahaya Nur diselenggarakan dua hari pada 14-15 Juni 2024. Pada gelaran Edupro dimeriahkan berbagai lomba untuk para siswa, dan terdapat 39 stand bazar maupun permainan.

“Kemudian ada presentasi 43 proyek siswa, ada paduan suara, drumband siswa TK dan goalnya adalah drama musikal yang menceritakan suatu kehidupan karakter siswa yang sudah kita bentuk selama tahun ajaran ini,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER