31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Menikmati Nasi Liwet Bu Painah yang Legendaris di Jebres Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Waktu sudah menunjukkan pukul 18.00 WIB ketika Painah dan anaknya, Sarwanti mulai menata lapak jualannya di di Jalan Sutan Syahrir, Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. Meski rintik hujan terus berjatuhan dari langit, tapi seperti tak membuat geming keduannya untuk tetap mencari rezeki.

Harumnya aroma kuliner khas Kabupaten Sukoharjo itu langsung menyergap hidung siapa saja yang lewat jalan tersebut, saat satu per satu wadah menunya dibuka. Tak lama setelah warung itu buka, beberapa pelanggan pun mulai berdatangan.

DUa pembeli sedang menikmati Nasi Liwet jualan Painah di Jalan Sutan Syahrir, Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. Foto: Khalim Mahfur

Nasi liwet merupakan salah satu kuliner yang khas ketika berkunjung ke Solo dan Sukoharjo. Nasi yang memiliki cita rasa gurih dengan siraman sambal goreng dan sayur labu siam itu dilengkapi dengan tambahan suwiran daging ayam, telir bacem, telur tim, dan santan kental.

-Advertisement-

Baca juga: Larisnya Nasi Bakar Culai Buatan Laila, Tidak Sampai Satu Jam Ratusan Porsi Bisa Ludes

Nasi liwet disajikan dengan wadah yang terbuat dari daun pisang yang dilipat, atau disebut pincuk. Biasanya, kuliner satu ini dijual sebagai menu sarapan ataupun menu makan malam.

Di sela-sela ia berjualan, Sarwanti menceritakan sedikit tentang nasi liwet yang dijajakan. ia  bercerita bahwa resep tersebut sudah turun temurun dari neneknya. Kemudian, ia juga belajar membuat nasi liwet dari sang ibu.

“Resepnya ya turun temurun, ya katanya kan kaya kalau beda tangan ya beda rasa. dulu ya ibunya ibu. Kalau ibu saya buka di sini tahun 1985,” ujarnya, Jumat (10/2/2023).

Nasi liwet bu Painah memiliki cita rasa yang sedap.  Rasa gurih, asin, manis, dam pedas berpadu menjadi satu ketika suap demi suap nasi liwet masuk ke dalam mulut. Tak heran jika banyak pelanggan yang kembali lagi ke Solo demi menyantap nasi liwetnya meski berasal dari luar kota.

Baca juga: Sate Maranggi di Warung Sate 88 Ini Jadi Idola Baru Warga Jepara, Tempatnya Ala Kafe

“Ya katanya enak gitu, sempat ada beberapa pelanggan sampai romobongan padahal baru buka. Pelanggannya ada yang baru ada yang lama. Kalau tanggal merah gitu malah ada banyak yang datang dari luar kota, dari Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya,” ujarnya.

Nasi liwet bu Painah biasa buka mulai dari pukul 18.00 sampai degan 00.00 WIB. Setidaknya, ada 50 porsi lebih nasi liwet yang dijual setiap harinya.

“Ya kurang lebih 50 pincuk (porsi) seharinya. Kisaran harganya Rp20 ribu, komplit Rp30 ribu,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER