31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSOLOKunjungi Kavallerie Artillerie,...

Kunjungi Kavallerie Artillerie, Prabowo Napak Tilas Bekas Markas Pasukan Elite Legiun Mangkunegaran

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Pura Mangkunegaran, Selasa (24/1/2023). Selain mengunjungi Pracima Tuin yang merupakan destinasi wisata baru, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengunjungi gedung Kavallerie Artillerie di Kompleks Mangkunegaran. Pada kunjungannya itu, Prabowo ditemani KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo  dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Gedung yang dikunjungi Prabowo itu merupakan bekas markas pasukan elite Legiun Mangkunegaran, satuan militer bentukan Pangeran Mangkunegaran atau KGPAA Mangkunegara I. Bangunan tersebut dibangun pada 1853 hingga 1874. 

Ditemui usai menemani Menhan, KGPAA Mangkunegara X mengungkapkan pembicaraannya dengan Prabowo. Selain tertarik pada wisata di Pura Mangkunegaran, Gusti Bhre mengungkap bahwa Prabowo juga tertarik dengan sejarah di sana.

Baca juga: Kala Prabowo Terpesona Bakwan Jagung yang Disajikan di Pracima Tuin Mangkunegaran

“Karena Pak Menhan-kan tertarik sejarahnya. Beliau kan mempunyai concern yang besar terhadap kebudayaan dan bagaimana tadi beliau juga sempat mengatakan bahwa Indonesia kan bangsa yang besar dengan segala kemajemukan dan histori yang panjang. Dan bagaimana kebudayaan sebagai identitas bangsa itu menjadi sesuatu yang penting untuk selalu dijaga, dilestarikan, dan diperkenalkan,” jelas Mangkunegara X.

Gusti Bhre menyebut bangunan Kavallerie ini memiliki nilai khusus bagi Prabowo yang juga memiliki latar belakang milliter.

“Kebetulan beliau dengan latar belakang militer maka bagaimana tentu Kavallerie merupakan bangunan yang sangat ikonik juga bersejarah keprajuritan. Jadi beliau tentu sangat tertarik untuk melihat situasi saat ini seperti apa,” jelasnya.

Baca juga: Pracima Tuin Mangkunegaran Resmi Dibuka untuk Umum, Wajib Dikunjungi saat ke Solo Nih

Lebih dari itu, Gusti Bhre mengaku belum ada rencana untuk melakukan revitalisasi pada bangunan tersebut. Gusti Bhre mengatakan bahwa saat ini bangunan tersebut masih kosong dan belum berfungsi. Ia berharap, setelah perlahan-lahan Pura Mangkunegaran diperbaiki, selanjutnya Kavallerie juga dapat dilakukan perbaikan.

“Belum ada rencana seperti itu (revitalisasi), karena beliau kan sangat menyukai kuda juga dan di sini kan dengan sejarahnya dulu tempat penyimpanan untuk kuda-kuda pasukan legiun, ya beliau sangat senang melihat itu,” kata dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler