31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaWISATAPracima Tuin Mangkunegaran...

Pracima Tuin Mangkunegaran Resmi Dibuka untuk Umum, Wajib Dikunjungi saat ke Solo Nih

BETANEWS.ID, SOLO – Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X meresmikan Pracima Tuin yang berada di sebelah Barat Kompleks Pura Mangkunegaran, Sabtu (21/1/2023). Peresmian itu dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan beberapa tamu undangan lain.

Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menyampaikan, Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa mempunyai visi bisa memberikan dampak yang positif dalam sosial kebudayaan serta berkontribusi dalam menjawab tantangan era modern.

“Oleh sebab itulah hari ini merupakan momen yang sangat membanggakan dan sangat membahagiakan bagi kami seluruh kerabat, keluarga, abdi dalem, saya secara pribadi dan seluruh insan Praja Mangkunegaran, karena telah menandai suatu langkah dari Pura Mangkunegaran untuk mewujudkan visi dan misi membangun wadah dan jembatan mempertemukan antara masyarakat dengan Mangkunegaran,” kata Gusti Bhre.

Baca juga: Kabar Gembira! Pracima Tuin Mangkunegaran Akan Soft Launching Akhir Januari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik soft opening Pracima Tuin yang telah lama digadang-gadang sebagai destinasi wisata baru Kota Solo.

“Taman ini adalah bagian bagiamana mengembalikan Solo sebagai salah satu tujuan wisata yang bisa berkelanjutan. Alhamdulillah saya rasa hubungan saya dengan Kanjeng Gusti berlanjut hingga hari ini dan insyaallah di bawah pimpinan beliau, Mangkunegaran bisa kembali menjadi bagian membangun sejarah budaya Jawa,” ujar dia.

Baca juga: Taman Pracima Mangkunegaran, Spot Wisata Baru di Solo yang Memanjakan Mata

Erick menyakini bahw Gusti Bhre selaku Mangkunegara X, dapat membawa kebudayaan Jawa yang adi luhung dapat lebih terkenal.

“Selama ini kadang-kadang budaya Jawa terlupakan sejalan dengan perubahan zaman. Maka saya juga mengucapkan terima kasih direksi BUMN atas kerja samanya, kita bisa membangun sebuah sejarah yang sudah berlangsung sekian lama. Yang tadinya tidak bisa dinikmati hari ini alhamdulillah kita bisa menikmati bersama-sama,” tukasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler