31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaWISATATaman Pracima Mangkunegaran,...

Taman Pracima Mangkunegaran, Spot Wisata Baru di Solo yang Memanjakan Mata

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022). Pada kunjungannya, Erick melihat progres pembangunan Taman Pracima Tuin yang berlokasi di sebelah Barat Pura Mangkunegaran.

Menurut Erick, Taman Pracima Tuin memiliki potensi sebagai salah satu spot wisata yang syarat akan sejarah Mangkunegaran dari masa silam. Taman tersebut juga diharapkan bisa menjadi salah satu lokasi wisata edukasi di Solo.

“Taman belakang bagian daripada Mangkungeran dan pemerintah pusat juga mendukung bagaimana aset kebudayaan nasional,” kata Erick ditemui usai peninjauan.

- Ads Banner -

Baca juga: Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Indonesia yang Simpan Benda Peninggalan Keraton Solo

Erick mengatakan, sejarah adalah hal yang perlu untuk dipelajari oleh generasi muda. Ia juga menilai bahwa pemerintah memberikan dukungan yang sama akan pelestarian jejak sejarah ini.

“Taman Pracima Tuin itu blue print tahun 1920, sudah punya taman bagus, jadi bisa dipelajari generasi muda, jangan sampai generasi muda tidak tahu sejarah kebangsaan kita,” katanya.

Di sampimg itu, Erick mengatakan bahwa wisatawan lokal perlu mendapat prioritas daripada wisatawan mancanegara. Menurutnya pendapatan terbesar saat ini pun berasal dari wisatawan domestik.

“Jangan lagi ada yang menomorduakan turis lokal. Harus diutamakan karena 70 persen industri turis dari lokal,” beber Erick.

Baca juga: Asyiknya Menyusuri Sungai Bengawan Solo dengan Perahu Naga Merah

Pada kesempatan sebelumnya, KGPAA Mangkunegara X Bhre Cokrohutomo atau yang biasa disapa Gusti Bhre menjelaskan pembangunan Pracima Tuin diperkirakan akan selesai pada akhir Desember 2022 nanti. Ia menerangkan, nama Pracima Tuin terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan SIJ KGPAA Mangkunegara VII. 

“Nama Taman Pracima atau Pracima Tuin berarti taman yang terletak di area Barat, sesuai dengan lokasi taman yang terletak di area Barat Pura Mangkunegaran,” papar Gusti Bhre, beberapa waktu lalu.

Pracima Tuin berdiri di atas lahan seluas satu hektare yang mulanya difungsikan sebagai lapangan tenis. Gusti Bhre menerangkan bahwa rencananya Taman Pracima Tuin akan dibuka untuk umum. Sehingga, masyarakat bisa menikmati keindahan taman bergaya akulturasi barat ini.

“Rencananya tempat ini menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah, dan kuliner khas Mangkunegaran,” jelas Mangkunegara X.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler