31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Saking Larisnya, Nama Es Gempol Pleret Mekar Sari Milik Effendi Pernah Dijiplak Pesaing

BETANEWS.ID, KUDUS – Effendi (39) terlihat begitu cekatan menata isian es gempol pleret ke dalam beberapa mangkuk di depannya. Siang itu, warungnya yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim nomor 51B, depan Kelurahan Panjunan, Kecamatan/Kabupaten Kudus memang terlihat cukup ramai. Mereka datang silih berganti untuk merasakan kesegaran salah satu penjual es legendaris di Kota Kretek itu.

Sejak buka usaha pada 1996, warungnya itu memang tak pernah sepi pembeli. Bahkan, nama tempat usahanya yaitu Es Gempol Pleret Mekar Sari itu pernah dijiplak pesaingnya.

Es gempol pleret yang jadi langganan artis di Kudus. Foto: Sekarwati.

“Dulu niatnya ingin melestarikan minuman asli Jepara di Kudus. Terus saya dan bapak buat es gempol pleret pertama di sini. Kelihatannya dilihat orang-orang, menjual es itu kok menjanjikan, banyak yang beli juga. Akhirnya banyak yang ingin ikut dan niru nama Mekar Sari, bahkan ada yang ngaku saudara, padahal tidak,” ungkapnya pada betanews.id, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Mulai Naysila Mirdad hingga D’Masiv, Es Gempol Pleret di Panjunan Ini Jadi Langganan Artis

Menurutnya, nama Mekar Sari, itu diambil dari ‘Sari’ yang berasal dari nama bapaknya, Sariyanto. Kemudian nama itu divariasi dengan kata ‘Mekar’. Akan tetapi, pelanggan Effendi lebih mengenalnya dengan panggilan ‘Pak Yanto’.

Dalam satu mangkuk es gempol pleret, Effendi mengisinya dengan gempol, pleret, putu mayang bihun, dan tape ketan. Namun, rahasia kesegaran jualannya itu berasal dari sirop.

Baca juga: Tak Mau Cuma Jadi Ibu Rumah Tangga saat Ikut Suami ke Kudus, Chyntia Rintis Usaha Jajanan Kekinian

Pelanggan Effendi kini tidak hanya berasal dari lokal Kudus saja, melainkan juga beberapa luar daerah seperti Jepara, Pati, Bogor, hingga Jakarta. Pembeli juga dapat memesannya melalui nomor 0857 1314 3664. Setiap hari dari buka pukul 9.00 hingga 14.30 WIB, ia bisa menghabiskan 100 porsi.

“Sekali jual bisa habis 100 porsi, itu kalau hari-hari biasanya. Tapi jumlahnya bisa bertambah kalau pas mendekati Hari Raya Idul Fitri,” pungkas Effendi.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER