Kabupaten Pati telah lama dikenal dengan sebutan bumi mina tani. Namun, sejumlah pihak menilai Pati juga layak mendapat predikat sebagai bumi ketoprak. Bagaimana tidak, wilayah di pantai utara Jawa ini memiliki banyak grup kesenian tradisioanl itu. Pada tahun 2022 ini, ada 80 grup ketoprak yang terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati.

Edy Kuswantoro, Pamong Budaya pada Disdikbud Kabupaten Pati. Foto: Kaerul Umam

Kami akan masukkan juga kesenian ketoprak ini dalam WPTB, tapi sekarang baru mengumpulkan kajian ilmiahnya

Edy Kuswantoro, Pamong Budaya

Pamong Budaya pada Disdikbud Kabupaten Pati, Edy Kuswantoro menyatakan, setelah dua tahun tidak mengeluarkan rekomendasi pementasan akibat pandemi, di tahun 2022 ini pihaknya sudah mengeluarkan surat rekomendasi pentas. Terhitung sejak bulan Mei 2022 hingga 24 Juni 2022, sudah ada 409 rekomendasi yang dikeluarkan.

“Setelah tidak ada aktivitas selama dua tahun, kesenian ketoprak di Pati mulai bergeliat kembali. Banyak sekali izin pementasan yang diajukan, ada ratusan rekomendasi yang telah kami keluarkan,” ujar Edy saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Banner Ads

Bahkan, kata Edy, jumlah grup ketoprak di Pati terus bertambah. Sejak awal 2022, setidaknya ada tujuh grup ketoprak yang mengajukan izin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini