Ada sejumlah langkah yang dibuat untuk melestarikan ketoprak, di antaranya tidak membatasi pendaftaran ketoprak baru. Dia menjelaskan, syarat untuk mendaftarkan kelompok ketorpak tidak sulit.

Pengurus hanya disyaratkan untuk menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anggotanya, surat keterangan dari Kepala Desa, Kecamatan, Kopolisian dan Koramil. Selain itu juga harus memiliki tempat latihan.

“Tidak ada minimal anggota. Tapi biasanya paling sedikit 30 orang anggota saat mengajukan. Dan satu orang harus terdaftar di satu kelompok saja. Ini mengantisipasi agar tidak saling bertabrakan jadwal mainnya,” tegasnya.

Banner Ads

Selain itu, kata Edy, pihaknya menggandeng para seniman ketoprak untuk mengedukasi generasi muda tentang kesenian ketoprak melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

“Selain perizinan dipermudah, kami juga ada GSMS level SD dan SMP. Anak-anak diajarkan secara keseluruhan pementasan ketoprak, mulai gamelan, gong dan seni peran,” ujar Edy.

Melalui program ini, pihaknya berharap kesenian ketoprak di Pati akan terus lestari keberadaannya.


Tim Lipsus 15: Rabu Sipan (Reporter/Host), Ahmad Rosyidi, Kaerul Umam (Reporter/Videografer), Suwoko (News Editor), Andi Sugiarto (Video Editor), Nauval Rizka Awwalayoga (Animator), Rifal Budi Yuliano (Ilustrator), Lisa Maina Wulandari (Translator).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini