31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaSOLOHarga Hewan Kurban...

Harga Hewan Kurban Meroket, Penjual: ‘Karena Ada PMK, Susah Nyetok’

BETANEWS.ID, SOLO – Harga kambing menjelang Hari Raya Iduladha 2022 mengalami lonjakan. Bahkan, harganya saat ini sangat berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.

Namun, menurut salah seorang pedagang kambing, Danis Kus Triyanto, harga kambing saat ini bukan mengalami kenaikan, melainkan ganti harga.

“Kalau ini bukan naik tapi ganti harga, naiknya tinggi. Tahun kemarin kita masih ada stok harga Rp1,35 juta. Tahun ini minimal di harga Rp1,8 juta, itu paling murah dan yang paling mahal Rp4,5 juta per ekor,” kata pria yang jualan di Jalan Monginsidi, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo itu, Selasa (21/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Jelang Iduladha, Pedagang Kambing Mulai Menjamur di Solo

Menurut Danis, kenaikan harga tersebut lantaran maraknya Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menyerang ternak.

“Ya ini merangkak naik ya karena ada virus PMK untuk sapi. Kemudian banyak yang beralih ke kambing,” ujarnya.

Kendati harga kambing menanjak naik, Danis mengaku juga kesulitan dalam mendapatkan pasokan kambing kurban. Menurutnya, itu disebabkan adanya pembatasan untuk menyetok ternak dari luar kota demi mencegah penyebaran PMK.

“Kalau tahun kemarin sebenarnya malah nggak ada masalah, tapi sekarang kan yang lockdown bukan orangnya, tapi pasarnya. Gara-gara virus PMK banyak yang tutup. Jadi kita cari barang pun susah,” ujarnya lagi.

Baca juga: Meski PMK Mewabah, Harga Ternak untuk Kurban di Kudus Malah Naik Tinggi

Harus menjual dengan harga cukup tinggi, Danis juga menjaga agar kambingya dalam keadaan sehat. Ia terus memberikan makanan dan vitamin secara rutin pada kambing-kambingnya.

“Ya tiap hari dicek kesehatannya baik kalau beleken segera ditetes, kasih vaksin lah vitamin yang komplet. Saya juga kerja sama dengan dinas RPH (rumah potong hewan), jadi ya kambingnya maksimal bagus,” tutup Danis.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler