31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaSOLOJelang Iduladha, Pedagang...

Jelang Iduladha, Pedagang Kambing Mulai Menjamur di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Dua pekan jelang Hari Raya Iduladha, pedagang hewan kurban sudah banyak bermunculan di Kota Solo. Tidak hanya di pasar-pasar hewan saja, tetapi juga ada yang menjual hewan di pinggir jalan. Seperti halnya di sebuah gang di Jalan Monginsidi, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo.

Kepada Betanews.id, pedagang bernama Danis Kus Triyanto mengatakan bahwa ia sudah berjualan di tempat tersebut sejak 9 Juni lalu. Rencananya, ia akan berjualan kambing di tempat tersebut hingga 9 Juli mendatang.

“Ini sementara masih sekitar 80-an (kambing) tapi target kita 200 kambing,” kata dia, Selasa (21/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Meski Ada PMK, Peternak Kerbau di Kudus Ini Justru Kewalahan Layani Orderan Hewan Kurban

Pria yang kerap disapa Danis itu mengatakan, kambing yang ia jual kebanyakan berjenis jawa peranakan, etawa, dan juga campuran. Kambing-kambing tersebut ia datangkan dari wilayah sekitar Solo Raya.

Harga kambing yang ia jual juga bervariasi, mulai dari yang paling murah sekitar Rp1,8 juta, hingga yang paling mahal Rp4,5 juta.

Alhamdullilah ya, sampai sekarang sudah terjual 35-40 ekor,” beber Danis.

Menururnya, banyak pembeli yang datang pada Sabtu dan Minggu. Pada hari tersebut ia bisa menjual lima hingga enam ekor kambing. Danis juga menjamin kambing yang ia jual dalam keadaan sehat.

“Kalau untuk perawatan tidak ada problem karena kita menyediakan obat. Tiap hari kita kasih vitamin jadi biar kambing sehat, pembeli puas,” katanya.

Bukan hanya di Solo saja, Danis juga melayani pembelian dari luar kota. Ia juga melayani penitipan hingga H-1 Iduladha dan bisa dikirimkan tampa tambahan biaya pengiriman.

Baca juga: Meski PMK Merebak, Stok Hewan Kurban di Jateng Surplus

“Kita jualnya selain di sini langsung, kita jual online juga, lewat Facebook, Instagram. Macam-macam online lah, Facebook group juga kita masukin. Ada beberapa TKI dari Hongkong, Malaysia jadi mereka pasrah bongkok-an tinggal kirim uang nanti tinggal nyarikan kambing tinggal kirim,” ujarnya.

Di lapak tersebut, Danis dibantu oleh 4 orang dari karangtaruna Tegalharjo untuk meningkatkan UMKM wilayah sekitar. Untuk itu, ia dapat melayani pembelian selama 24 jam non stop.

“Pagi kita sudah buka karena beberapa orang kan tidur di sini sampai nanti pukul 10.00 WIB. Beberapa hari ini malah kadang jam 24.00 ada yang cari. Jadi yang pulang kerjanya malam, pengen survei juga bisa,” tandas Danis.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler