31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Nikmati Sensasi Pedas dan Gurihnya Sambal Hitam Ini, Sekali Nyoba Pasti Suka

BETANEWS.ID, KUDUS – Di food court K-Esport Lounge, terdapat satu kedai yang memiliki menu unik, yaitu nasi liwet bebek sambal hitam. Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal ini mempunyai warna hitam pekat, yang membuat orang semakin penasaran untuk mencobanya.

Sambal yang terbuat dari berbagai rempah ini, mempunyai rasa gurih dan sedikit pedas. Kemudian untuk bahan-bahan sambal hitam ini antara lain, jahe, kencur, cabai, lengkuas, serai, ketumbar dan kapulaga.

Wawan menunjukkan menu nasi liwet sambal hitam yang merupakan salah satu menu andalan di warung miliknya. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Menjajal Lezatnya Sambal Gami, Kuliner Unik Khas Borneo yang Kini Ada di Kudus

-Advertisement-

“Inspirasinya sebenarnya dari Madura, tapi saya modikfikasi untuk bahannya. Kalau sambal hitam Madura pakai jinten untuk rasa pedasanya, di sini saya menggunakan jahe,” ucap Wawan pemilik kedai Wawan’s Tahu Tuna.

Untuk proses pembuatannya, menurutnya membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni kurang lebih satu jam, agar menghasilkan warna hitamnya.

“Prosesnya, pertama semua bahan dihaluskan, dan kemudian dimasak sampai hitam. Butuh sekitar 1 jam dan waktu masak, apinya harus super kecil, biar nggak gosong. Dulu pernah pakai luwak untuk warna hitamnya, tapi tidak enak, lebih enak dimasak yang lama agar menghasilkan warna hitam alami. Karena proses masaknya lama, sambal bisa bertahan sampai satu minggu asal masuk kulkas,” jelasnya Senin (07/03/22).

Sementara itu, untuk pilihan lauk sambal hitam ini, ada dua pilihan, yaitu ayam dan bebek yang sudah di bumbu kuning, dan di goreng hingga kering.

“Pilihan lauknya ada dua, ayam dan bebek goreng. Kita juga menyediakan porsi ayam dan bebek utuh,” ujarnya.

Sedangkan untuk harga per porsinya, menu ini di bandrol mulai Rp 30 ribu untuk menu ayam sambal hitam, dan Rp 35 ribu untuk bebeknya.

Baca juga : Tiga Jam Sudah Ludes, Penyetan Super Laris di Kudus Ini Buka Siang Hari

“Satu porsi sudah dapat nasi liwet, nasi yang kita masak dengan margarin, tambahan daun jeruk, bawang bombai, dan bawang putih,” ucapnya.

Jika ingin mencoba sensasi sambal hitam dengan ayam serta bebek yang garing, ditambah dengan gurihnya nasi liwet, kedai ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani, Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus atau belakang Pizza Hut Delivery – PHD.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER