31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaUMKM3 Perajin Sangkar...

3 Perajin Sangkar Burung di Kudus, Dari yang Unik hingga Legendaris

Banyak yang meyakini bahwa memelihara burung kicauan maupun anggungan memiliki manfaat untuk menghilangkan stres. Dengan mendengarkan suara burung berkicau, para penghobi akan merasakan ketenangan dan pikiran pun bisa menjadi fresh kembali. Bagi para penghobi tentu ingin memiliki sangkar terbaik untuk burung kesayangan. Berikut empat perajin sangkar di Kudus yang bisa menjadi referensi.

Sangkar Burung Mebel Soko

Aneka sangkar burung perkutut yang unik karya Jesi ini ramai diburu pembeli. Foto: Rabu Sipan

Mustakim, Pemilik Mebel Soko yang memproduksi sangkar burung perkutut. Mebel yang berada di Jalan PR Sukun Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu dirintis sejak 2010. Awalnya, seperti mebel pada umumnya, Mebel Soko juga memproduksi aneka jenis furniture dari kayu jati. Namun, karena ia suka dan hobi ternak burung perkutut, pada akhir tahun 2016 ia mulai bikin sangkar perkutut.

Dia membuat aneka model sangkar burung perkutut. Di antaranya model labu guci, sangkar cantik, sangkar junjung derajat dan sangkar raja. sangkar tersebut dibanderol mulai harga Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta. Sedangkan sangkar perkutut kelas premium, yakni sangkar Nogososro dan sangkar perkutut filosofi harganya mulai Rp 7 juta hingga Rp 27 juta.

- Ads Banner -

Baca selengkapnya: Model Sangkar yang Unik dan Penuh Misteri Bikinan Jesi Ramai Diburu Pecinta Burung Perkutut

Sangkar Burung Cikal Bakal Farm

Nur Afif sedang membuat kerajinan sangkar burung anggungan dari bambu. Foto : Ahmad Rosyidi

Nur Afif (25), seorang perajin sangkar burung anggungan dari bambu. Untuk memiliki sangkar yang diberi merk Cikal Bakal Farm itu, perlu inden setidaknya hingga dua pekan. Selain karena proses pembuatan yang membutuhkan waktu tiga hari, dia juga harus memenuhi pesanan dari pengepul dari Semarang yang rutin memesan sangkar buatannya.

Sangkar yang diprosuksi di Desa Jepang Wetan, RT 04 RW 05, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus itu, ia jual mulai harga Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta. Selain itu juga ada sangkar dengan tema Kejawen yang bermotif keris dan bambu petuk. Karena pembuatan produk khusus bertemakan Kejawen ini lebih rumit, dia mematok harga lebih mahal dibandingkan produk-produk biasa.

Baca selengkapnya: Harus Inden untuk Bisa Miliki Sangkar Burung Anggungan Buatan Kinung

Sangkar Burung Mbah Wakiran

Mbah Wakiran, perajin sangkar burung legendaris dari Desa Megawon. Foto: Rabu Sipan

Wakiran (72) perajin sangkar sangkar burung kicau legendaris dari Dukuh Wungu, Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kudus. Dia mulai menekuni jadi perajin sangkar burung sejak tahun 1974. Wakiran bisa dibilang perajin sangkar burung legendaris karena menjadi perajin ke empat di desanya yang merupakan sentra produksi sangkar di Kota Kretek.

Untuk harga sangkar burung buatan Wakiran, dipatok mulai harga Rp 180 ribu untuk model kosan, sangkar model BNR dibanderol Rp 170 ribu, serta sangkar model cangek dijual Rp 95 ribu. Harga tersebut untuk satu set. Sedangkan khusus untuk sangkar prenjakan dijual dengan harga satuan yakni Rp 16 ribu.

Baca selengkapnya: Mbah Wakiran, Perajin Sangkar Burung Kicau Legendaris dari Megawon Kudus

Editor : Ahmad Rosyidi

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler