31 C
Kudus
Minggu, Maret 7, 2021
Beranda UMKM Model Sangkar yang...

Model Sangkar yang Unik dan Penuh Misteri Bikinan Jesi Ramai Diburu Pecinta Burung Perkutut

BETANEWS.ID, KUDUS – Lalu lalang kendaraan terlihat melintas di Jalan PR Sukun Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Suara bising knalpot kendaraan yang lewat seolah tak mengganggu dua pria yang sedang sibuk dengan sangkar burung. Terlihat satu di antara pria itu sedang memoles jeruji sangkar. Pria tersebut yakni Mustakim, Pemilik Mebel Soko yang memproduksi sangkar burung perkutut.

Sembari berakitivitas, pria yang akrab disapa Jesi itu sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, Mebel Soko dirintis sejak 2010. Awalnya, seperti mebel pada umumnya, Mebel Soko juga memproduksi aneka jenis furniture dari kayu jati. Namun, karena ia suka dan hobi ternak burung perkutut, pada akhir tahun 2016 ia mulai bikin sangkar perkutut.

“Pada saat itu, saya termotivasi untuk bikin sangkar perkutut yang unik dan beda dari pada lainnya. Rencana ya sangkar itu saya peruntukan untuk burung perkutut saya sendiri,” ujar Jesi kepada Betanews.id, Kamis (24/12/2020).

Aneka sangkar yang bentuknya unik di Mebel Soko. Foto: Rabu Sipan
- Ads Banner -

Baca juga : Sarat Filosofi, Sangkar Burung Perkutut Akim Berharga Rp 5 Juta

Tapi, kata dia nasib berkata lain, setelah sangkar burung perkutut jadi. Pada awal tahun 2017, dia ikut silaturahmi komunitas perkutut tingkat nasional yang diadakan di Kudus. Di acara tersebut, sangkar bikinannya jadi pusat perhatian, karena dianggap paling unik dan berbeda dari sangkar yang ada. Bisa dibilang paling bagus.

Setiap ada yang melihat sangkar perkututnya, mereka bertanya sangkar tersebut dijual apa tidak. Dia pun menjawab kalau harganya cocok, sangkar tersebut dijual plus bonus burung perkutut di dalamnya. Menurutnya saat acara tersebut, banyak sekali yang menawar sangkar burung perkututnya.

“Saat ada yang menawar Rp 15 juta, sangkar beserta burung perkutut itu pun saya lepas,” selorohnya.

Berawal dari kejadian tersebut, ia mengaku, Mebel Soko selain memproduksi aneka jenis furniture ia pun berinisiatif juga memproduksi sangkar burung perkutut. Sebab tuturnya, ternyata sangkar burung perkutut bisa terjual dengan harga yang lumayan mahal. Tergantung bahan dan nilai seni yang ada pada sangkar tersebut.

“Sejak saat itu, saya semangat bikin sangkar burung perkutut yang antik dan lain dari pada yang lain. Berbahan kayu dan penuh ukiran jadi ciri khas sangkar burung perkutut karyanya,” ungkapnya.

Dia mengatakan, bikin aneka model sangkar burung perkutut. Di antaranya model labu guci yang dibanderol Rp 750 ribu. Sangkar cantik harganya mulai Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta. Sangkar junjung derajat dijual antara harga Rp 1,5 juta hingga Rp 1,8 juta. Ada juga sangkar raja yang dibanderol mulai harga Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.

“Selain itu saya juga bikin sangkar perkutut kelas premium. Yakni sangkar Nogososro yang saya jual mulai harga Rp 7 juta sampai Rp 10 juta. Serta sangkar perkutut filosofi yang harganya mulai Rp 15 sampai Rp 27 juta,” bebernya.

Baca juga : Sangkar Motif Kejawen Paling Diburu Penghobi Perkutut

Dia mengatakan, aneka jenis sangkar perkutut hasil produksi Mebel Soko sudah dibeli para pecinta perkutut dari berbagai daerah. Selain wilayah Pulau Jawa, ada juga beberapa pelanggan dari pulau seberang. Di antaranya, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, serta Bali.

“Sangkar perkutut hasil karyaku diminati karena memang beda dari yang lain. Penuh ukiran dan seringnya pakai simbol keris. Serta menurut para pelanggan, sangkar perkutut bikinanku itu unik dan penuh misteri,” ungkapnya.

Dirinya berharap, sangkar perkutut karya Mebel Soko makin dikenal dan makin diminati, serta bisa selalu menghadirkan sangkar – sangkar perkutut yang unik dan penuh seni dan misteri.

Editor : Kholistiono

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler