Perkampungan Dukuh Bareng terlihat dari atas. Di perkampungan itu dulu menjadi pusat pembuatan senjata untuk kerajaan Demak. Foto drone: Kaerul Umam

Sejak dulu Dukuh Bareng, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus dikenal sebagai sentra produk logam. Sampai sekarang sebagian besar warga desa banyak yang menggantungkan hidup dengan menjadi pandai besi. Hal itu tidak lepas dari sejarah panjang Bareng yang pernah menjadi pusat pembuatan senjata untuk kerajaan Demak.

Kepada Tim Liputan Khusus Beta News, M Sahri Baedlowi, warga sekaligus perajin produk logam di Desa Hadipolo menjelaskan, cikal bakal Dukuh Bareng adalah Empu Buyut Tingal. Dia adalah pembuat senjata sejak kerajaan Majapahit masih berkuasa. Setelah berdiri kerajaan Demak, Empu Buyut Tingal pendah ke daerah yang kemudian disebut Bareng.

“Jadi Bareng ini dulu adalah pusatnya para pembuat senjata untuk kerajaan Demak. Cikal bakal Dukuh Bareng adalah Empu Buyut Tingal. Makamnya masih ada hingga kini dan selalu ada haul setahun sekali di makamnya,” ukar Sahri kepada Tim Liputan Khusus Betanews.id, beberapa waktu lalu.

“Bisa dikatakan keahlian warga Bareng jadi perajin logam punjer ilmunya ya dari Mbah Buyut Tingal,”

M Sahri Baedlowi, Warga Hadipolo

Empu Buyut Tingal, kata Sahri, adalah murid Raden Umar Said atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Muria. Namun, dia tidak mengetahui pasti, murid dalam hal apa Empu Buyut Tingal menjadi murid Sunan Muria.

Pria yang juga ketua UMKM logam Kudus tersebut menceritakan, awalnya nama Empu Buyut Tingal hanya Empu Buyut saja. Untuk kata “tingal” itu pemberian dari Sunan Muria, sebab konon setiap Empu Tingal membuat pusaka, cahaya pamor dari pusaka itu memancar terang hingga langit. Sehingga ketingal (terlihat) oleh Sunan Muria yang berada di puncak Gunung Muria.

Karena penasaran, lanjutnya, Sunan Muria kemudian menyuruh beberapa muridnya untuk mencari sumber cahaya dan membawa ke hadapannya. Karena sumber cahaya adalah dari proses pembuatan pusaka maka yang dibawa kehadapan Sunan Muria adalah Empu Buyut.

Tinggalkan Balasan