31 C
Kudus
Selasa, Oktober 20, 2020
Beranda Kudus Parijoto Diklaim Jepara,...

Parijoto Diklaim Jepara, Petani Colo: ‘Kenapa Pemkab Kudus Tak Baca Potensi Itu?’

BETANEWS.ID, KUDUS – Udara sejuk disertai awan mendung menyelimuti Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jumat (16/10/2020). Di sebuah rumah, seorang pria dengan santai memindahkan buah parijoto dari karung ke tampah. Triyanto (36) namanya, seorang petani sekaligus produsen Sirop Parijoto Alammu. Selain dua pekerjaan itu, ia juga gencar melakukan sosialisasi tentang tanaman khas Pegunungan Muria kepada para petani, meliputi tiga kabupaten, yakni Kudus, Jepara, dan Pati.

Tri begitu sapaan akrabnya, berbagi cerita kepada betanews.id tentang tanaman yang saat ini sudah menjadi varietas lokal khas Kabupaten Jepara itu. Sejujurnya, dia merasa kecewa dan ingin marah. Namun ia menyadari, terkait klaim tanaman parijoto bukanlah wewenangnya.

Triyanto sedang memilah buah parijoto yang akan diproduksi jadi sirop. Foto: Ahmad Rosyidi.

“Perasaan saya tentu kecewa, ya pengen marah, sakit hati, ya iya. Tetapi itu bukan wewenang saya. Pemkab Jepara juga tidak salah, karena Jepara juga punya wilayah Gunung Muria. Kan terbagi di tiga Kabupaten,” ungkapnya.

Baca juga: Parijoto Ditetapkan Jadi Tanaman Khas Jepara, Dispertan Kudus Ajukan Uji DNA

Tri menyayangkan Pemkab Kudus yang tidak peka terhadap potensi yang ada, meski dirinya menyadari kalau tidak punya wewenang atas hal tersebut.

“Mengapa Pemkab, kok tidak membaca potensi itu? Karena sudah terjadi, ya sudah. Saya serahkan kepada Pemkab, selaku yang punya wewenang,” jelas bapak dua anak itu.

Dia juga bercerita, jika temannya selaku pegiat pertanian di Desa Tempur, Kabupaten Jepara, malah meminta maaf. Menurut temannya itu, kenapa hanya Jepara, padahal mayoritas tanaman parijoto di Kudus.

“Ada teman saya pegiat pertanian di Jepara malah meminta maaf, katanya merasa malu. Kok hanya Jepara ya, padahal mayoritas tanaman parijoto ada di Kudus. Tanaman parijoto juga tidak lepas dari Sunan Muria,” katanya.

Baca juga: Selain Parijoto, Pamelo dan Pisang Byar Ternyata Sudah Jadi Tanaman Khas Daerah Lain

Menurut Tri, temannya khawatir, jika ada pengunjung yang mencari parijoto dan tidak ada buahnya, karena tanaman di sana belum banyak.

“Ya saya jawab, tidak apa-apa, Mas, orang secara hukum saja kok, yang penting tanaman parijoto tetap dilestarikan. Biar teman saya yang di Jepara juga tidak merasa terbebani,” kata Tri.

Sementara itu, Sudianto (37), rekan seperjuangan Tri, yang bergerak di bagian pembibitan parijoto, tak bisa membendung rasa kecewanya. Ia mengaku langsung meluapkan emosinya kepada Tri setelah membaca berita.

“Saya kecewa, saya sudah bertahun-tahun melakukan pembibitan agar parijoto semakin banyak di Colo. Tapi malah begini. Saya luapkan kepada Tri memang,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

26,317FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,297PengikutMengikuti
21,002PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Centra Moda Textile, ‘Surganya’ Kain di Kudus yang Sering Kasih Diskon Gede

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria terlihat sedang bercengkerama dengan para karyawan di sebuah ruko Jalan HM Subhcan Jember, Desa Janggalan, Kecamatan Kota...

Karimunjawa Kembali Dibuka untuk Wisatawan

BETANEWS.ID, JEPARA - Wisata Karimunjawa di Kabupaten Jepara kembali dibuka dengan terbatas, setelah delapan bulan vakum. Pembukaan ini ditandai dengan pelepasan 220...

Selain Parijoto, Pamelo dan Pisang Byar Ternyata Sudah Jadi Tanaman Khas Daerah Lain

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus telah dan akan mengajukan sembilan tanaman untuk jadi tanaman khas daerah. Dari...

Nasi Goreng Nanas Bercita Rasa Kari yang Bikin Pelanggan Home Cafe and Resto Ketagihan

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang terlihat keluar masuk sebuah kafe yang berada di Jalan Ganesha lV 67, Desa Purwosari, Kecamatan Kota Kudus....

Parijoto Ditetapkan Jadi Tanaman Khas Jepara, Dispertan Kudus Ajukan Uji DNA

BETANEWS.ID, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dispentan) Kabupaten Kudus masih melakukan langkah terakhir agar parijoto bisa menjadi...

Peraturan PVT Proses Revisi, Parijoto Akan Didaftarkan jadi Milik Provinsi Jateng

BETANEWS.ID, KUDUS - Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 01/pert/SR.120/2/2006 tentang Syarat Penamaan dan Tata Cara Pendaftaran Varietas Tanaman sedang proses direvisi. Direvisinya...

Parijoto, Tanaman Sabdo Wali yang Kaya Manfaat

BETANEWS.ID, KUDUS - Di sebuah rumah yang berada di Desa Colo, RT 01 RW 01, Kecamatan Dawe, Kudus, tampak seorang pria mengenakan...