31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan, Tempat Kuliner Favorit Langganan Pejabat hingga Artis

BETANEWS.ID, KUDUS – Di tepi selatan Jalan Nitisemito, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus tampak sebuah rumah makan bercat krem. Rumah makan itu tidak pernah sepi pembeli. Banyak sekali para pembeli yang datang bergantian. Para pembeli datang ada yang mengendarai motor atau pun mobil. Rumah makan itu yakni Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan langganan para pejabat dan artis.

Di buka sejak 1966, Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan bisa dibilang legendaris di Kudus. Dengan rasa lezat dan nikmat khasnya, nasi opor Sunggingan jadi langganan para publik figur serta para pejabat lokal dan nasional. Satu di antaranya yang saat itu berkunjung ke Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan yakni Mawahib, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Seusai menyantap nasi opor panggang Sunggingan, dia pun sudi berbagi penjelasan. Ia menuturkan, bahwa nasi opor Sunggingan merupakan satu di antara khasanah kuliner khas Kudus yang harus dilestarikan maupun dipopulerkan. Dengan cita rasanya yang khas, kelezatan Nasi Opor Sunggingan Kudus belum ada tandingannya.

-Advertisement-
Beberapa pelanggan sedang menikmati menu opor ayam Sunggingan. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Mountain Lake Resto Tawarkan Sensasi Kemah dan Kulineran di Tengah Hutan

“Saya rasa Nasi Opor Sunggingan Kudus ini tiada duanya ya. Punya cita rasa khas, sehingga meskipun banyak nasi opor di luaran sana maupun di lain daerah, belum ada yang bisa menandingi kelezatan Nasi Opor Sunggingan Kudus,” ujar Mawahib kepada betanews.id, Kamis (27/8/2020).

Anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi Golkar itu pun mengaku sudah lama berlangganan di Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan. Setiap sebulan sekali, ia bersama keluarga atau rekan seprofesi pasti datang untuk menikmati lezatnya Nasi Opor Sunggingan khas Kudus.

Tak lupa ia pun mengajak para generasi muda di Kudus, untuk memegang teguh dan menjalankan ajaran Mbah Sunan Kudus yang terkenal dengan Gusjigang. Bagus berbudi pekerti, rajin mengaji dan berdagang. Satu di antaranya berdagang kuliner.

“Kita sebagai warga Kudus, mari kita bersama – sama melestarikan dan menguri – uri makanan khas Kudus. Satu di antaranya nasi opor Sunggingan. Mari kita membeli produk khas Kudus dan mari kita gali potensi kekhasan Kudus biar makin maju dan terkenal,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPRD Kudus yakni Mahfud. Dia mengatakan sudah berlangganan di Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan Kudus sejak 1985 sampai sekarang. Menurutnya rasa nasi opor Sunggingan sangat enak nikmat.

“Dari dulu hingga sekarang, Nasi Opor Sunggingan itu selalu jadi idola. Rasa enak dan sangat merasa di lidah. Bahkan bisa dibilang hampir setiap hari saya beli nasi opor Sunggingan ini,” bebernya.

Siti Sundari (54) selaku pemilik Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan Kudus mengatakan, rumah makan miliknya memang sudah lama jadi langganan para pejabat dan artis. Mereka datang untuk menikmati menu andalan yakni Nasi Opor Panggang Sunggingan.

Baca juga : Camping Cook, Rumah Makan di Kudus yang Tawarkan Suasana Serasa Kamping

Menurutnya, selain para pejabat lokal, Rumah Makan Sunggingan juga sering kedatangan artis dan pemain bulu tangkis nasional. Di antaranya, Liem Swie King, Susi Susanti, Alan Budi Kusuma dan atlet bulu tangkis lainnya. Sedangkan artis itu antara lain ada, Duta Sheila On 7, Jamal Mirdad, Sandra Dewi, Farhan, ST 12, Tantri kotak serta masih banyak lagi.

“Wah banyak Mas, artis yang sudah datang di Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan. Kalau saya sebutkan semua panjang banget. Dulu kalau ada artis langsung foto dan saya pajang di dinding rumah makan, sampai gak muat,” paparnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER