31 C
Kudus
Senin, Agustus 2, 2021
spot_img
BerandaKulinerWarung Jahe Rempah...

Warung Jahe Rempah Mbah Tolok, Terkenal jadi Jujugan saat Meriang

BETANEWS.ID, KUDUS – Sore itu, warung Jahe Rempah Mbah Totok terlihat ramai pembeli. Beberapa orang duduk santai sembari ngobrol dan menikmati minuman racikan jahe yang disajikan dalam cangkir berdesain lawas. Mendekati petang, warung yang berada di Desa Jati Kulon, Kecamaten Jati, Kabupaten Kudus itu memang sering dipadati pelanggan. Kebanyakan mereka ingin merasakan wedang jahe untuk menyegarkan tubuh.

Pemilik Warung Jahe Rempah Mbah Tolok, Danang Bayu Setiawan (24) menuturkan, setiap sore, warung yang dibuka sejak Maret lalu itu selalu ramai pembeli. Bahkan, tempatnya itu terkenal sebagai warung sehat, lantaran menyediakan aneka menu minuman dari rempah. Sehingga seringkali jadi jujugan orang-orang yang lagi tidak enak badan atau meriang.

Wedang jahe di Warung Jahe Rempah Mbah Tolok yang jadi buruan warga saat meriang. Foto: Rabu Sipan

Beberapa kali, lanjutnya, ada pelanggan yang kurang sehat datang ke warung Jahe Rempah Mbah Tolok. kebanyakan keluhan sakitnya itu flu, batuk, tenggorokan panas, serta badan pada pegal-pegal. Mereka bertanya minuman rempah apa yang cocok untuk mereka.

- Ads Banner -

“Setelah dibuatkan minuman jahe rempah sesuai pesanan, badan mereka kembali fit, badan segar kembali, dan sakitnya hilang,” ungkap pria yang akrab disapa Tolok kepada Betanews.id, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Pelanggan Sampai Antre Demi Mencicipi Rujak Es Krim Pak Yitno

Bayu menambahkan, dari berbagai minuman berbahan jahe, yang paling diminati para pembeli itu jahe rempah susu. Sedangkan yang jadi andalan itu minuman jahe rempah ucil.

Menurutnya, jahe rempah ucil itu terbuat dari jahe dan aneka rempah. Antar lain, jahe, kencur, kunir, kayu manis, kayu secang, cengkeh, kapulaga, serei, kembang lawang, dan kemudian dikasih gula batu.

“Itu yang untuk dihidangkan panas atau hangat. Kami juga menyediakan minuman soda rempah untuk mereka yang ingin penyajian minuman rempah dingin. Bahannya juga hampir sama, kok,” bebernya.

Sedangkan untuk jahe rempah susu terbuat dari bahan jahe dan rempah yang tertanam. Biasanya itu temulawak, temu mangga, jahe, kencur, serta susu. Hampir semua minuman terbuat dari rempah, jadi banyak manfaatnya untuk tubuh manusia.

Baca juga: Kafe Susu Moeria, Tempat Nongkrong Sehat Ala Anak Muda Kudus

Asyharul Fakhruda (25) satu di antara pelanggan mengaku sudah beberapa kali datang ke Warung Jahe Rempah Mbah Tolok. Sore itu, ia memesan jahe rempah susu. Menurutnya, rasanya enak. Rasa hangat khas jahenya terasa dan rasa susunya juga pas.

“Beberapa kali saat kurang enak badan, aku juga sering datang ke Warung Jahe Rempah Mbah Tolok. Memesan wedang jahe susu, setelah meminum itu badan rasanya kembali enak dan segar,” ujar warga Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 6 - Demak Tenggelam dan Kembalinya Selat Muria

Tinggalkan Balasan

30,114FansSuka
14,822PengikutMengikuti
4,331PengikutMengikuti
48,437PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler