31 C
Kudus
Kamis, Juni 4, 2020
Beranda Ekonomi Mendekati Lebaran, Harga...

Mendekati Lebaran, Harga Bawang Merah di Kudus Tembus Rp 65 Ribu per Kilogram

BETANEWS.ID, KUDUS – Harga bawang merah di Pasar Baru Kabupaten Kudus melonjak 100 persen lebih dari Rp 25 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram dalam sepekan ini.

Salah satu pedagang, Yati mengatakan, lonjakan harga bawang merah mencapai Rp 65 ribu per kilogram ini untuk ukuran besar. Sedangkan bawang merah dengan ukuran kecil harganya Rp 45 ribu per kilogram.

Warga sedang membeli kebutuhan pokok di Pasar baru Kudus, Sabtu (16/5/2020). Foto: Imam Arwindra.

“Bawang merah dari kemarin hingga sekarang harganya mahal. Sekarang mencapai Rp 65 ribu per kilo yang besar. Untuk yang kecil naik juga Rp 45 ribu”, jelasnya saat ditemui di Pasar Baru, Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kudus, Sabtu (16/5/2020).

Yati menuturkan, tingginya kenaikan hingga lebih dari 100 persen tersebut dikarenakan langkanya pasokan barang. Alasan lainnya yakni bulan ini, petani bawang merah tidak panen.

“Pasokan ke sini tidak ada. Jadi barang yang saya jual cuma sedikit,” ungkapnya.

Baca juga: Turun Drastis, Harga Cabai di Kudus Tak ‘Sepedas’ Rasanya

Selanjutnya, barang yang langka tidak seimbang dengan kebutuhan yang masih stabil. Menurut Yati, permintaan bawang merah minggu ini terbilang normal. Namun dia menduga, mendekati Lebaran kebutuhan akan meningkat.

“Hari ini permintaan masih stabil. Makannya ini (bawang merah) habis terus,” tuturnya.

Senada dengan Yati, Mulikhah juga menuturkan kenaikan bawang merah naik drastis. Dia mengaku, banyak pembeli putar balik setelah diberi tahu harga terbaru.

“Kadang ada juga yang mengurangi pembeliannya. Asalnya mau beli empat kilogram, mungkin untuk stok lebaran, lalu cuma beli satu, dua kilogram saja,” jelasnya.

Menurutnya, kenaikan harga ini hanya berlaku di bawang merah saja. Untuk bawang putih dan cabai, harganya justru turun. Sedangkan sayur-sayuran seperti tomat, kentang, dan seledri, harganya masih stabil.

“Harga bawang putih semula Rp 120 ribu per kilogram, kini Rp 100 ribu. Untuk cabai merah dari Rp 10 ribu, kini Rp 8 ribu,” tutur Mulikhah.

Salah satu pembeli, Anik, mengaku kaget dengan harga bawang merah yang mencapai Rp 65 ribu. Menurutnya, dengan harga itu, tadinya dia bisa membeli tiga kilogram, kini hanya bisa mendapatkan satu kilogram saja.

“Coba saya cek dulu di Kliwon (Pasar Kliwon). Harganya sama atau tidak,” ungkapnya.

Baca juga: Berbekal Pengalaman dan Doa Orang Tua, Priyo Sukses jadi Penebas Kencur

Dengan kenaikan harga ini, dia mengambil langkah untuk mengurangi jumlah bawang merah yang dibeli.

“Kalau sama sekali tidak beli, tidak mungkin. Masakan pasti tidak enak. Ya, semoga saja harganya segera pulih,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

23,879FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,305PengikutMengikuti
12,024PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Unika Soegijapranata Semarang Temukan Alat Pelumpuh Covid-19

BETANEWS.ID, SEMARANG - Pepohonan yang rindang di sekitar Universitas Katolik Unika Soegijapranata Semarang membuat udara semakin segar. Ditambah lagi, siang itu cukup...

Makam Sunan Muria Dibuka 8 Juni, Jam Kunjungan dan Kapasitas Peziarah Dibatasi

BETANEWS.ID, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus akan membuka Makam Sunan Muria untuk simulasi new normal atau kenormalan baru pada 8-14 Juni 2020...

Polres Kudus Gelar Simulasi Antisipasi Dampak Terburuk Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus bersama dengan Kepolisian Resort (Polres) Kudus melakukan simulasi Tactical Floor Game (TFG) di Pendopo Kabupaten Kudus,...

Waspada, Kudus Ditetapkan sebagai Wilayah Transmisi Lokal Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS - Kabupaten Kudus ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai salah satu wilayah di eks Karesidenan Pati sebagai transmisi lokal baru...

Ayah dan Anak di Kudus Positif Covid-19, Hari Ini Sang Ayah Meninggal

BETANEWS.ID, KUDUS – Di antara warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kudus, dua di antaranya merupakan ayah (57) dan anak (23)....

Awalnya Ikut-Ikutan, Kini Bonsai Jadi Mata Pencaharian Ali Fadli

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebuah pohon bonsai dengan kawat melilit batangnya tampak di halaman sebuah rumah di Desa Gondangmanis RT 04 RW 04,...

Si Jago Merah Mengamuk di Istana Ban Kudus, Jalur Pantura Lumpuh

BETANEWS.ID, KUDUS - Bau karet terbakar menyengat di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus, Rabu (3/6/2020) malam. Bau tersebut datang dari gudang ban...