31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSMasjid Agung Kudus...

Masjid Agung Kudus Pastikan Tak Gelar Salat Idul Fitri

BETANEWS.ID, KUDUS – Masjid Agung Kudus dipastikan tidak menggelar Salat Idul Fitri,1 Syawal 1441 Hijriyah. Hal itu diungkapkan Ketua Takmir Masjid Agung Kudus Noor Badi, Kamis (21/5/2020). Keputusan tersebut diambilnya setelah melakukan rapat dengan pengurus takmir lainnya.

“Sesuai dengan hasil rapat mengurus harian lengkap, Masjid Agung tidak menyelenggarakan Salat Idul Fitri,” jelasnya yang didampingi seluruh Pengurus Harian Takmir Masjid Agung Kudus.

Noor Badi menjelaskan, pihaknya mengambil keputusan tersebut dengan mempertimbangkan Surat Edaran dari Kementerian Agama Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri di Tengah pandemi Covid-19 dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi.

- Ads Banner -

Baca juga : Salat Idul Fitri, Hartopo: ‘Saya Instruksikan untuk Ditiadakan’

Selanjutnya, Surat Gubernur Provinsi Jawa Tengah Nomor 451/0008315 tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah Dalam Situasi Darurat Covid-19. Dan juga Surat Edaran Bupati Kudus Nomor 451/2775/04.00/2020 tentang Ketentuan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah Dalam Situasi Darurat Covid-19.

Menurutnya, jika pelaksanaan Salat Idul Fitri diadakan, jemaah yang datang diprediksi akan membludak. Selain itu, jemaah yang datang dari luar kota juga akan banyak.

“Kita tidak tahu jemaah datangnya dari mana saja. Dengan pertimbangan tersebut kami terpaksa meniadakan Salat Idul Fitri,” ungkapnya.

Namun, pihaknya masih memperbolehkan mengumandangkan takbir di masjid. Menurutnya, nanti terdapat petugas takmir yang mengumandangkan takbir mulai malam 1 Syawal.
“Namun tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Yang penting nanti tidak ada perkumpulan majelis, apalagi tabuh bedug,” ungkapnya.

Baca juga : Beredar Kabar Boleh Salat Id di Masjid, Ganjar Tegaskan Salat Id di Rumah Saja

Sebelumnya, Plt Bupati Kudus HM Hartopo melalui Surat Edaran Nomor 451/2775/04.00/2020 mengimbau kepada masyarakat di Kudus untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing. Dirinya juga tidak menyarankan untuk melakukan salat di masjid dan lapangan.

“Sesuai intruksi dari pemerintah pusat, salat Idul Fitri ditiadakan (di masjid) . Saya juga memberikan intruksi untuk ditiadakan,” tuturnya Senin (18/5/2020) di Pendopo Kabupaten Kudus.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler