31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSSalat Idul Fitri,...

Salat Idul Fitri, Hartopo: ‘Saya Instruksikan untuk Ditiadakan’

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tidak memperbolehkan melakukan Ibadah Salat Idul Fitri di masjid dan lapangan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19 di kota Kretek.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menuturkan, pemberian instruksi untuk meniadakan salat Idul Fitri sudah sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.

“Sesuai intruksi dari pemerintah pusat salat Idul Fitri ditiadakan. Saya juga memberikan intruksi untuk ditiadakan,” ungkapnya saat ditemui selepas membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Balai Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kudus, Senin (18/5/2020).

- Ads Banner -

Baca juga: Putus Penyebaran Covid-19, MUI Jateng Anjurkan Salat Id di Rumah

Namun, karena masyarakat di Kudus memiliki kultur Islam yang kuat, jika ada yang melaksanakan Salat Idul Fitri harus mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepala desa dan satuan tugas (Satgas) Jogo Tonggo di setiap RW untuk ikut memantau pelaksanaan Salat Idul Fitri di desanya. Hal tersebut untuk memastikan protokol kesehatan sudah diterapkan.

“Protokol kesehatan seperti menyediakan tempat mencuci tangan, mengenakan masker, tidak boleh bersalaman dan ada jarak antar jemaah,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Ahmad Darodji sudah mengeluarkan anjuran untuk melakukan salat Idul Fitri di rumah. Termasuk juga mengeluarkan tuntunan tata cara salat Idul Fitri dan khotbahnya. Sehingga masyarakat tidak perlu bingung untuk melakukan ibadah di rumah.

“Pilihan terbaik kondisi saat ini yakni salat Id di rumah. Bila salat tetap dilaksanakan di masjid atau di lapangan, akan sulit menghindari jarak saf maupun salaman,” ungkapnya.

Baca juga: Beredar Kabar Boleh Salat Id di Masjid, Ganjar Tegaskan Salat Id di Rumah Saja

Dalam Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 menjelaskan, salat Idul Fitri boleh dilaksanakan secara jamaah di masjid, musala dan lapangan. Asalkan kawasan yang dimaksud penanganan Covid-19 sudah terkendali. Satu di antaranya ditandai dengan angka penularan cenderung menurun dan terdapat kebijakan pelonggaran aktivitas sosial.

Selanjutnya, kawasan tersebut yakni kawasan terkendali dan diyakini bebas Covid-19. Seperti di pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen. Warga di daerah tersebut tidak ada yang terpapar Covid-19 serta tidak ada aktivitas keluar masuk orang dari daerah lain.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler