31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Tak Ada Usulan Peningkatan PAD Parkir Nontunai dalam Ranperda Parkir

BETANEWS.ID, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus untuk meningkatkan sarana dan prasarana pemungutan retribusi daerah secara nontunai. Hal tersebut sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan retribusi daerah.

Sayangnya, dalam Public Hearing Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kudus terkait Ranperda Penataan dan Pengelolaan Parkir, justru tak ada usulan terkait peningkatan pendapatan retribusi parkir nontunai.

Ketua Pansus II DPRD Kudus, Andrian Fernando, menyampaikan, penerapan pembayaran parkir nontunai memang bagus. Namun, untuk pengaplikasiannya perlu dipertimbangkan lagi secara matang.

-Advertisement-

Baca juga: Bahas Ranperda Parkir, Ormas Kudus Usul Dikelola Pihak Ketiga

“Sebab, tidak semua orang paham dan bisa mengakses parkir nontunai. Pembayarannya itu melaui Qris atau melalui e-money dan sejenisnya, sementara tak semua orang punya dan paham akan hal tersebut. Tetapi kalau uang cash, semua orang punya,” ujar Fernando di Gedung DPRD Kudus, belum lama ini.

Meski begitu, lanjut Fernando, penerapan parkir nontunai tetap jadi pertimbangan Pansus II DPRD Kudus. Sebab, pihaknya ingin parkir di Kota Kretek bisa lebih bagus dan maju, sehingga bisa jadi percontohan daerah lain.

“Kalau pun diterapkan, parkir nontunai kemungkinan tidak bisa di semua lahan parkir yang ada di Kota Kretek. Kami melihat di Solo juga belum 100 persen diterapkan,” bebernya.

Baca juga: Parkir Kudus Semrawut, Dewan Mulai Bahas Ranperda Penataan dan Pengelolaan Parkir

Pria yang juga anggota Komisi B DPRD Kudus tersebut mengaku, pihaknya masih perlu mengadopsi perda-perda terkait parkir di daerah lain. Anggota Pansus II juga sempat studi banding ke Kabupaten Klaten dan Sleman.

“Kami studi banding ke bebeapa daerah untuk mengadopsi perda-perda terkait parkir, untuk disempurnakan lagi dan kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Kudus,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER