31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Bahas Ranperda Parkir, Ormas Kudus Usul Dikelola Pihak Ketiga

BETANEWS.ID, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus mulai menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penataan dan Pengelolaan Parkir melalui Panitia Khusus (Pansus) II. Salah satu yang jadi masukan adalah parkir dikelola pihak ketiga.

Ketua Pansus II, Andrian Fernando, mengungkapkan, pembahasan Ranperda Penataan dan Pengelolaan Parkir sudah memasuki public hearing.

“Tadi ada dari teman-teman Kolocokro Lindu Aji memberi masukan, bahwasannya ada baiknya pengelolaan parkir dipihakketigakan. Tujuannya agar ada yang bertanggung jawab,” ujar Fernando di Gedung DPRD Kudus, Jumat (5/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Parkir Kudus Semrawut, Dewan Mulai Bahas Ranperda Penataan dan Pengelolaan Parkir

Selain itu, lanjut Fernando, pengelolaan parkir pihak ketiga agar tak bermunculan parkir liar. Ketika ada juru parkir yang melakukan pelanggaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bisa langsung menegur ke pengelolannya.

“Sehingga pengelolanya nanti yang bertanggung jawab dan mengkondisikan stakeholder yang ada di bawahnya. Sebab, ketika pengelolaan parkir hanya bergantung pada OPD terkait, tentu tidak akan bisa maksimal. Karena tahu sendiri tenaga kerjanya terbatas,” bebernya.

Oleh karena itu, kata dia, memang ada baiknya pengelolaan tempat parkir bisa dikelola dengan baik dan benar, agar tak ada masyarakat yang akan dirugikan.

“Utamanya untuk parkir yang ada di bahu-bahu jalan yang malah bukan untuk peruntukannya. Lha itu, kan, malah bikin potensi kecelakaan,” ungkap politikus Partai Demokrat tersebut.

Baca juga: Pasar Tradisional Sepi Pembeli, Pedagang Diminta Beralih ke Pasar Online

Selaian masukan, kata Fernando, dalam public hearing juga terdapat beberapa keluhan, di antaranya terkait tarif parkir. Menurut mereka, di aturan yang baru tarif parkir sudah naik, tetapi para juru parkir belum dapat salinannya.

“Sehingga mereka bingung untuk menentukan tarif parkir baru tersebut. Seharusnya pihak OPD terkait bisa lakukan sosialisasi,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER