31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Pilkada 2024: KPU Kudus Terjunkan 2.310 Petugas untuk Pemutakhiran Data Pemilih

BETANEWS.ID, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menerjunkan 2.310 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka akan bertugas mulai Senin (24/7/2024) sampai Rabu (31/6/2024).

Ketua KPU Kudus, Ahmad Amir Faisol menyampaikan, para petugas Pantarlih akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah untuk mencocokan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kudus.

“Pemetaan TPS untuk Coklit (pencocokan dan penelitian) juga sudah keluar. Di Kudus jumlahnya ada 1.561 TPS, termasuk TPS lokasi khusus,” bebernya dalam apel Petugas Pantarlih di Halaman Kantor Kelurahan Purwosari, Senin (24/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Pantesan Tak Buka Penjaringan, Ternyata Golkar Beri Surat Tugas ke 3 Orang untuk Pilkada Kudus

Faisol membekali Petugas Pantarlih tanda pengenal resmi, ada seragam rompi serta topi. Oleh karena itu, ketika ada orang yang mengaku Petugas Pantarlih tapi tak bisa menunjukkan tanda pengenal dan atributnya, maka tak perlu dilayani.

“Sebab ini berkaitan dengan data pribadi masyarakat. Khawatirnya data tersebut disalahgunakan. Kami juga mengimbau kepada petugas Pantarlih untuk tak menyalahgunakan data kependudukan. Sebab data kependudukan dilindungi oleh Undang-Undang (UU),” imbuhnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menambahkan, pemutakhiran data pemilih jelang Pilkada ini penting, sebab seiring berjalannya waktu pasti ada perubahan data.

Baca juga: Ketua Nasdem Kudus Sebut PKB dan 4 Partai Lain Akan Usung Sam’ani-Bellinda

“Perubahan data itu mungkin bisa disebabkan meninggal, pindah tempat tinggal, dan lainnya sebagainya,” ujar Hasan.

Hasan pun mengimbau Petugas Pantarlih untuk menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh, door to door ke lapangan untuk memastikan data pemilih di lapangan.

“Sementara untuk masyarakat yang didatangi petugas Pantarlih, siapkanlah dokumen yang diperlukan. Apakah itu Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK) yang bisa jadi bukti terhadap informasi yang akan dimutakhirkan,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER