31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Pemupukan Rumput Stadion Wergu Wetan Gunakan Teknologi Canggih, Optimis Lolos Verifikasi?

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemkab Kudus menggunakan teknologi canggih berupa pesawat tanpa awak atau drone untuk pemupukan rumput stadion Wergu Wetan, Senin sore (25/6/2024). Hal itu dilakukan sebagai upaya menyuburkan rumput sehingga nantinya bisa lolos verifikasi PSSI.

Plt Kabid Olahraga Disdikpora Kudus, Widhoro Heriyanto mengatakan, saat ini perbaikan stadion Wergu Wetan fokus pada lapangan. Setelah beberapa hari dilakukan penyiraman, sore ini kegiatannya adalah pemupukan.

Baca Juga: 54 Persen ASN Kudus “Sekolahkan” SK ke Bank Jateng, Nilainya Capai Rp771 M

-Advertisement-

“Sesuai intruksi pak Pj Bupati Kudus untuk penyuburan rumput jadi tanggung jawab Dispertan. Sementara penyiramannya jadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH),” ujarnya.

Dia mengatakan, upaya untuk perbaikan rumput sementara memang dengan cara itu, penyiraman dan pemupukan. Untuk dilakukan penggantian rumput tak mungkin bisa dilakukan karena terkendala waktu.

“Kalau dari awal, penanaman ulang rumput itu butuh waktu kurang lebih sekitar delapan bulan. Sehingga waktunya tidak memungkinkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dia berharap, setelah dilakukan pemupukan rumput akan tumbuh dengan cepat dan rumput lapangan Stadion Wergu Wetan jadi tebal. Dengan begitu, pihaknya bisa menentukan ketebalan rumput stadion yang diinginkan oleh PSSI.

“Saya kira untuk jenis rumputnya tak ada masalah. Nantinya lapangan itu akan kita genangi air, sehingga lapangan tak keras. Setelah rumput stadion, perbaikan juga akan dilakukan di bagian lainnya. Semoga nanti, stadion

Untuk perbaikan bagian stadion yang lain, lanjut Widhoro, akan segera menyusul. Saat ini pihaknya sudah koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk perbaikan-perbaikan di lainnya.

“Semoga setelah dilakukan perbaikan nantinya stadion Wergu Wetan bisa lolos verifikasi. Sehingga bisa jadi kandang Persiku di Liga 2,” harapnya.

Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dispertan Kudus, Agus Setiawan, mengatakan, memanfaatkan drone untuk pemupukan rumput stadion Wergu Wetan. Agar pemupukan lebih merata dan cepat.

Baca Juga: Belum Laporkan Hartanya, 10 Caleg Terpilih Terancam Gagal jadi Anggota DPRD Kudus

“Kalau pemupukan menggunakan tenaga manusia itu nanti hasilnya kurang maksimal. Selain itu juga lebih lama,” ujar Agus kepada Betanews.id.

Untuk penyemprotan ini, lanjut Agus, akan melihat perkembangan. Apabila sekali pemupukan hasilnya sudah bagus dan dirasa cukup layak, maka tak perlu dilakukan pemupukan lanjutan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER