31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Belum Laporkan Hartanya, 10 Caleg Terpilih Terancam Gagal jadi Anggota DPRD Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – 10 Calon Legislatif (Caleg) terpilih terancam tak dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus karena belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara(LHKPN) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU Kudus, Ahmad Amir Faisol, mengatakan, sebagai pejabat negara, caleg terpilih harus menyampaikan LHKPNnya. LHKPN harus sudah disampaikan ke KPU paling lambat 21 hari sebelum pelantikan.

“Pelantikan anggota DPRD menyesuaikan masa jabatan di daerah masing-masing. Di Kabupaten Kudus, pelantikan akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2024,” ujar Faisol di halaman Kantor Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kudus, Senin (24/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Daftar 45 Anggota DPRD Kudus Terpilih, 14 di Antaranya Pendatang Baru

“Sebanyak 10 caleg terpilih itu kebanyakan anggota DPRD Kudus baru. Ada juga yang incumbent satu atau dua orang,” bebernya.

Terkait pelaporan LHKPN, ungkapnya, memang yang masih kerepotan adalah para caleg terpilih baru. Sementara yang incumbent hampir semunya aman. Sebab, pada prinsipnya para anggota DPRD petahana memang sudah rutin melaporkan LHKPN tiap tahun.

“Besok pagi kami akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel @Hom terkait penyampaian LHKPN oleh Caleg terpilih. Narasumbernya nanti dari Inspektorat Kudus dan merekalah nanti yang memberikan pendampingan pengisian LHKPN Caleg-Caleg terpilih tersebut,” tuturnya.

Baca juga: Pilkada 2024: KPU Kudus Terjunkan 2.310 Petugas untuk Pemutakhiran Data Pemilih

Dia mengatakan, penyampaian LHKPN Caleg terpilih harus sudah dilakukan 21 hari sebelum pelantikan. Apabila tidak, mereka bisa tak dilantik untuk menjadi anggota DPRD Kudus. Sebab, LHKPN adalah dasar KPU kabupaten memberikan nama-nama Caleg terpilih ke sekretaris dewan (Sekwan) untuk dimintakan SK (Surat Keputusan) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

“Kalau Caleg terpilih tidak melaporkan LHKPN ke KPU, maka kita tidak akan memberikan nama Caleg terpilih tersebut ke Sekwan. Sehingga, Caleg terpilih tersebut bisa tak dilantik,” tandas Faisol.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER