31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Mengulik Sejarah Sendang Sani, Legenda Perjalanan Sunan Bonang dan Muridnya

BETANEWS. ID, PATI – Kabupaten Pati termasuk salah satu kota yang menyimpan banyak legenda. Salah satunya adalah legenda sendang atau kolam yang terbentuk dari mata air, namanya adalah Sendang Sani. Lokasinya berada di Dukuh Sani, Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati.

Sendang Sani punya sejarah dan mitos yang unik. Menurut Sukar, Juru Kunci Sendang Sani, awal mulanya muncul mata air tersebut adalah saat di tengah perjalanan Sunan Bonang yang akan mengunjungi Sunan Muria di Pegunungan Muria.

Baca Juga: Asyiknya Kamping di Lembah Pegunungan Muria Jrahi, Adem dan Bisa Mandi di Sungai

-Advertisement-

Pada masa itu, Sunan Bonang melakukan perjalanan dari arah timur menuju tempat singgah Sunan Muria. Saat perjalanan, Sunan Bonang ditemani oleh dua muridnya.

Saat setengah perjalanan, yakni ketika sampai di wilayah Pati, Sunan Bonang akan menunaikan sholat Dhuhur. Sebab, ketika itu sudah tengah hari dan memasuki waktu Salat Zuhur.

Namun, di sekitar tempat tersebut tidak ada mata air untuk berwudhu. Sunan Bonang kemudian menyuruh dua muridnya untuk mencari sumber mata air.

“Namun, setelah ke sana kemari, kedua murid Sunan Bonang tidak menemukan mata air untuk digunakan berwudhu,” ujar Sukar.

Sunan Bonang kemudian meminta muridnya untuk menancapkan tongkatnya ke tanah. Benar saja, setelah ditancapkan muncul air yang jernih dan sangat deras. Karena banyaknya air hingga membentuk sendang atau kolam.

Melihat air yang sangat jernih, salah satu muridnya bernama Dudo malah minum dan mandi dengan air tersebut.

“Karena tak kunjung kembali, Sunan Bonang mencari muridnya. Sunan Bonang pun terkejut ternyata muridnya minum dan mandi di sendang tersebut,” imbuhnya.

Alhasil Sunan Bonang memarahinya. Saat sedang marah Sunan Bonang pun mengucapkan kata “bulus” tak lama kemudian muridnya berubah menjadi bulus (sejenis kura-kura air tawar). Muridnya pun tidak mau keluar dari sendang karena sudah nyaman di air.

Lalu, Sunan Bonang bergegas untuk melanjutkan perjalanan dengan muridnya yang satu. Namun, ternyata tidak berkenan. Ia ingin merawat dan menemani saudaranya yang sudah menjadi bulus. Sunan Bonang pun mempersilakannya.

Muridnya pun bertanya soal makanan dan minumnya nanti. Sunan Bonang memberitahu jika setiap hari Senin dan Kamis ada seseorang yang akan berkunjung kesana.

Setelah itu, Sunan Bonang memberi wasiat kepada muridnya tersebut. “Nanti jika air untuk wudhu kamu sisakan untuk minum dan mandi di sini nantinya akan menjadi sendang, dan sani (Desa Sani) karena kamu sudah nyisani air itu.”

Baca Juga: Mengunjungi Vihara Termegah Pati di Lereng Pegunungan Muria

Warga setempat juga mempercayai air sendang tersebut mempunyai keajaiban. Selain dapat menyembuhkan penyakit, air tersebut juga bisa melancarkan rezeki seseorang.

Kini Sendang Sani menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Pati. Tak jauh dari lokasi Sendang Sani, tepatnya pada bagian samping berdiri megah sebuah bangunan bebentuk pendopo yang biasanya digunakan pengunjung untuk ritual pada Jumat Pahing.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER