31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Hampir Semua Fasilitas Stadion Wergu Direnovasi Mulai Pekan Depan, Waktunya Cukup?

BETANEWS.ID, KUDUS – Perbaikan Stadion Wergu Wetan akan dilaksanakan mulai pekan depan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan mengebut renovasi agar bisa lolos verifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk jadi kandang Persiku di Liga 2.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Olahraga, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Widhoro Heriyanto, mengatakan, Penjabat (Pj) Bupati Kudus ingin pengerjaannya dilakukan bersama-sama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan manajemen Persiku.

“Istilahnya pengerjaan Stadion Wergu Wetan itu dikeroyok bareng-bareng beberapa OPD. Hal itu untuk mempercepat pekerjaan dan stadion bisa lolos verifikasi oleh PSSI sebagai kandang Persiku,” ujar Widhoro di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Persiku Promosi Liga 2, Pemkab Anggarkan Rp3 M untuk Perbaikan Stadion Wergu

Dia mengungkapkan, sebelum dilakukan verifikasi oleh Pt LIB, manajemen Persiku memang meminta kepada Pj Bupati Kudus agar beberapa bagian Stadion Wergu Wetan diperbaiki terlebih dahulu. Bagian itu meliputi rumput lapangan, pintu masuk dan keluar pemain, locker room, kamar mandi, musala, bench pemain, dan lampu stadion.

“Perbaikan tersebut akan dilakukan oleh masing-masing OPD terkait. Jadi, tidak hanya Disdikpora saja,” bebernya.

Misal perbaikan rumput lapangan, kata Widhoro, akan menjadi tugasnya Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan). Penyiraman rumput sekaligus agar lapangan tidak keras akan jadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Untuk perbaikan kamar mandi, locker pemain, musala dan bench pemain jadi tugasnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sementara kebersihan lingkungan melibatkan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH),” ungkapnya.

Sementara itu, kata Widhoro, untuk pintu masuk dan keluar pemain akan dibuatkan lorong portabel seperti di stadion-stadion terkenal di dunia, sehingga pemain akan aman dari jangkauan suporter.

Baca juga: Persiku Akan Berkandang di Kendal atau Pemalang Jika Stadion Wergu Tak Layak untuk Liga 2

“Untuk lampunya, tadi belum dibahas. Namun, sepertinya itu tugasnya Dinas Perhubungan. Lampu stadion itu harus aktif, sebab beberapa pertandingan Liga 2 kadang diselenggarakan pada malam hari,” tuturnya.

Widhoro mengatakan, dalam sengkuyung bareng pengerjaan Stadion Wergu Wetan tersebut, Pj Bupati Kudus tak membahas anggaran. Sebab, jika menunggu alokasi dana harus menunggu di Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Tentunya itu akan lama dan tak terkejar waktunya.

“Oleh karena itu, beberapa OPD diperintahkan untuk sengkuyung bareng pembenahan Stadion Wergu Wetan sebelum ada tim verifikasi dari PSSI. Semoga saja perbaikan berjalan lancar, Stadion Wergu Wetan lolos verifikasi dan Persiku tak jadi tim musafir di Liga2,” harap Widhoro.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER