31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Bantuan Bedah Rumah Akan Cair Juli-Agustus, Segini Nominalnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali menggelontorkan angaran untuk bedah rumah. Total anggaran untuk perbaikan 19 rumah itu besarnya Rp285 juta.

Sub koordinator Pembinaan, Pengendalian, Pembangunan Perumahan dan Kawasan Pemukiman pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Dyah Wendy, mengatakan, saat ini masih ada 6.371 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun, pihaknya hanya bisa memberikan bantuan pada 19 rumah saja.

“Perbaikan 19 RTLH tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024. Masing-masing pemilik RTLH akan mendapatkan bantuan Rp15 juta,” ujar Wendy di ruang kerjanya, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Meski Kesulitan Ekonomi, Banyak Warga Kudus Tolak Bantuan Bedah Rumah

Pemberian bantuan perbaikan RTLH, kata Wendy, sifatnya memang stimulan. Sebab, uang Rp15 juta itu tidak cukup untuk merenovasi RTLH untuk menjadi layak.

“Kekurangannya nanti bisa bersumber dari swadaya masyarakat, serta juga dari bantuan pemerintah desa,” bebernya.

Saat ini, proses pemberian bantuan perbaikan RTLH, ungkap Wendy, tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Kudus. Targetnya antara bulan Juli dan Agustus sudah bisa tersalurkan semuanya.

“Penyaluran bantuan nanti langsung ke rekening penerima. Tiga bulan kemudian kita akan lihat hasil pembangunannya RTLH sudah jadi rumah layak huni,” ungkapnya.

Dia menututkan, nantinya juga ada tim pendampingan dari dinas. Hal itu untuk memastikan bahwa bantuan tersebut digunakan untuk memperbaiki RTLH.

Baca juga: Kurangi Jumlah RTLH, Pemkab Kudus Akan Gandeng Lebih Banyak Perusahaan Swasta

“Jika tak ada pendampingan, khawatirnya uangnya gak jadi dibuat memperbaiki rumah, tapi dibuat untuk kebutuhan yang lain,” tegas Wendi.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini bantuan RTLH tak hanya dari Pemkab Kudus, tetapi juga ada yang dari Pemerintah Pusat Republik Indonesia, Provinsi Jawa Tengah, serta dari pihak swasta. Wendy pun berharap, dengan adanya bantuan tersebut, RTLH di Kabupaten Kudus terus berkurang.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER