31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Cuma Rp2.000, Jamu Keliling Khas Solo Ini Banyak Diminati Warga Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di Jalan Raya Kudus-Colo, Desa Barongan, Kudus, Pariyem (68) tampak sedang meracik jamu yang akan disajikan kepada pelanggannya. Bermodal gerobak kotak dan sepeda ontel, ia menjual berbagai macam jamu racikan khas Solo.

Sejumlah jamu yang tersusun rapi di dalam botol plastik itu, antara lain jamu kunir asem, beras kencur, temulawak, empu kunir, salam, sirsat, kulit manggis, dan paitan. Selain menjual jamu, ia juga menjual beberapa jajanan pasar. Namun, pada saat ditemui, ia hanya membawa sedikit jajanan pasarnya.

Sembari meracik jamu, Pariyem menjelaskan, jamu tradisional buatannya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak hanya orang tua, jamunya itu juga diminati para anak muda.

-Advertisement-

Baca juga: Jual Jajanan Khas Bandung di UMK, Zaki Bisa Raup Omzet hingga Rp500 Ribu Sehari

Menurutnya, selain khasiat, harganya yang murah juga menjadi salah satu faktor banyaknya peminat jamu tersebut. Cukup dengan uang Rp2.000 sudah bisa menikmati kasiat jamu racikan perempuan asli Solo itu.

“Kalau jualan jamu sudah selama 33 tahun. Dari dulu, ya, keliling-keliling seperti ini. Biasanya di sekitar Desa Bacin aja, sehari bisa dua kali berjualan, dari pagi hingga siang dan siang hingga sore,” terangnya, Jumat (10/05/2024).

Pariyem membeberkan, resep jamu ia dapat secara turun temurun dari keluarganya di Solo. Dalam jamu racikannya itu, dia berani memastikan tidak menggunakan bahan campuran yang membahayakan.

Baca juga: Kuliner Jepang di Mindo Mentai Ini Harganya Ramah Kantong Orang Kudus

“Jadi saya pastikan aman untuk dikonsumsi. Saya biasanya mulai jualan pukul 6.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sehari bisa mendapatkan uang Rp100-200 ribu,” ungkapnya.

Selama 33 tahun berjualan jamu, Pariyem merasakan banyak manfaat, mulai manfaat kesehatan lantaran ia juga sering minum jamu. Manfaat lain dari segi ekonomi yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Jualan keliling pakai sepeda, kan, olahraga juga. Jadi membuat saya sehat,” tambahnya.

Penulis: Ihza Miftahul Huda, Mahasiswa Magang Unisnu

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER