31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Update Banjir Demak, Ketinggian Air di Jalan Pantura Tinggal 60 Cm

BETANEWS.ID, DEMAK – Hari kelima banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak sudah surut sangat signifikan. Ketinggian banjir yang melumpuhkan Jalan Pantura Demak-Kudus tinggal sekira 60 centimeter.

Terlihat beberapa warga berbondong-bondong menengok rumah mereka yang kebanjiran. Ada pula, para pemilik kios yang berada di tepi Jalur Pantura juga mulai bebersih tempat usahanya yang tadinya terendam banjir.

Satu di antaranya adalah Abdul Rohman. Dia mengaku, mulai membersihkan kios karena sudah surut. Menurutnya, banjir telah menggenangi kiosnya dan merusak rolling door tempatnya mengais rejeki.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan yang Jebol ‘Ditumbali’ Kambing Kendit, Ini Penjelasannya

“Banjir sudah surut. Makanya mulai saya bersihkan. Pintu kios yang rusak juga akan segera kami perbaiki,” ujar Abdul kepada Betanews.id di sela-sela membersihkan kiosnya, Kamis (21/3/2024).

Abdul mengungkapkan, semula banjir menggenangi kiosnya setingi 2,5 meter, tapi saat ini sudah surut. Meski sudah surut, dia mengaku belum tahu kapan akan mulai membuka kembali usahanya, sebab Jalan Pantura masih tergenang sekira selutut orang dewasa.

“Belum tahu bukanya kapan, jalan Pantura Demak-Kudus juga masih terendam banjir. Pintu kios kami juga perlu diperbaiki dulu,” beber Abdul yang mengaku berjualan stiker dan jasa servis jok tersebut.

Warga lain, Suharno, membenarkan bahwa banjir sudah surut sangat signifikan. Hari kelima, ketinggian banjir berkurang hingga 2,5 meter lebih.

Baca juga: Cerita Korban Banjir Demak, Terpaksa Ngungsi di Bak Truk dan Tak Tersentuh Bantuan

“Saya tadi sudah mengecek rumahku yang kebanjiran. Banjir sudah surut 2,5 meter, sementara ketinggian air masih sekira 80 centimeter,” ujar Harno saat ditemui di dekat rumahnya yang masih kebanjiran.

Meski surut cukup signifikan, kata Harno, banjir masih melumpuhkan Jalan Pantura Demak-Kudus. Ketinggian air di Jalan Pantura kurang lebih sekira 60 centimeter.

“Ini memang sudah surut sangat signifikan. Tapi untuk tuntasnya kami belum tahu pastinya kapan. Mungkin, masih sepekan agar banjir benar-benar tuntas,” sebutnya.

Dia berharap, tak ada lagi hujan yang mengakibatkan debit air Sungai Wulan naik lagi. Semoga saja penambalan tanggul juga bisa segera rampung.

“Harapannya, penambalan tanggul bisa segera rampung dan banjir segera surut. Kami pun bisa segera pulang ke rumah,” harap Harno.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER