31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Jalan Kudus-Jepara Macet Total, Mengular Hingga Proliman Tanjungkarang

BETANEWS.ID, KUDUS – Kemacetan panjang terjadi di jalur Kudus-Jepara yang saat ini menjadi pilihan utama pengendara yang melalui jalur pantura Demak. Kemacetan mengular hingga Proliman Tanjungkarang.

Kasatlantas Polres Kudus, AKP Putu Asti Hermawan mengatakan, saat ini kondisi jalur alternatif dari Kudus menuju Semarang, terjadi kepadatan kendaraan sumbu tiga. Menurutnya, kemacetan yang terjadi disebabkan karena adanya kendaraan yang mogok di tengah jalan.

Baca Juga: Komentari Jasa Angkut Motor, Warga: ‘Rp50 Ribu Kemahalan, Mending Buat Jajan’

“Untuk kondisi terkini di wilayah Kudus untuk sementara terjadi kepadatan arus. Tumpukan kendaraan sumbu tiga karena terjadi hambatan di jalur rekayasa Demak dan Welahan Jepara, ada kendaraan mogok besar. Jadi sedang diupayakan untuk dilakukan evakuasi,” ungkapnya saat ditemui, Rabu (20/3/2024).

Selain ada kendaraan mogok, di wilayah Mijen, Demak terdapat genangan air. Sehingga secara otomatis arus lalu lintas di jalur alternatif, akibat lumpuhnya jalur utama Kudus-Demak kebanjiran, menghambat laju kendaraan yang melintas.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan yang lebih panjang, pihaknya sementara ini tengah melaksanakan rekayasa jalan dengan menerjunkan personil untuk menarik kekosongan jalur. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Satuan Lalulintas (Satlantas) Rembang, untuk kendaraan yang melintas ke arah Kudus, dialihkan ke Blora.

“Sebab kalau lewat Pati, jalur terdapat genangan banjir sehingga akses terhambat. Dikhawatirkan sumbu tiga lewat sana justru malah menimbulkan krodit yang cukup besar,” ujarnya.

Kemacetan yang terjadi saat ini terpantau mengular hingga Proliman Tanjungkarang dengan jarak yang lumayan jauh. Sementara di arah yang berlawanan yaitu dari arah barat ke timur terpantau lancar. Hanya saja, terjadi penumpukan arus dari arah timur ke barat.

Baca Juga: 150 Ha Sawah Siap Panen Terendam Banjir, Petani Undaan Lor Kudus Merugi Hingga Rp7,5 M

Putu menambahkan, untuk persiapan arus mudik, dengan adanya bencana yang terjadi di sejumlah Kabupaten, termasuk Kudus, lalu lintas tetap akan dialihkan ke jalur alternatif ke arah Mijen, Demak. Sebab, Jalan Kudus-Purwodadi saat ini juga masih ada genangan air yang mencapai lutut orang dewasa.

“Dikhawatirkan untuk kendaraan sedang yang melintas (Jalan Kudus-Purwodadi) justru malah terjadi krodit. Sementara untuk jalur utama kita arahkan kalau memang tidak bisa dialihkan sama sekali untuk pemudik, terutamanya Kudus, alternatif lewat Welahan, Jepara,” tuturnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER