31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Hoaks! Kabar Pintu Waduk Kedungombo akan Dibuka Lebar

BETANEWS.ID, DEMAK – Beredar kabar di masyarakat bahwa Waduk Kedungombo sudah tidak mampu menampung air dan akan segera di buka selebar-lebarnya. Kabar ini menyebar di What’s App (WA). Tak pelak informasi ini membuat warga korban banjir Kecamatan Karangnyar, Demak, panik.

Sukarni, Warga Desa Ngemplik Wetan, satu di antara ribuat korban banjir, mengaku mendapat informasi tersebut dari warga lain. Ia mengaku, bahwa informasi itu membuat panik banyak warga.

Baca juga: Suami Pilih Jaga Rumah, Sumiyatun Selalu Sedih Saat Bisa Makan di Pengungsian

“Tadi saya mendapat kabar katanya Waduk Kedungombo sudah tidak bisa menampung air. Katanya mau dibuka selebar-lebarnya,” ujarnya.

Senada dengan Sukarmi, warga Karanganyar, Anif juga mendengar kabar tersebut melalui rekaman suara yang menjelaskan bahwa Waduk Kedungombo dan Klambu sudah tidak bisa menampung air. Hal itu menurutnya membuat para pengungsi merasa cemas.

Setelah dikonfirmasi melalui telepon, Yaya Bangun Udyana, petugas Waduj Kedungombo menjelaskan, situasi saat ini masih aman. Ketinggian air masih 80 meter, dan masih sanggup menampung air 10 meter lagi.

“Aman terkendali, masih jauh,” jelas Yaya sapaan akrabnya, Minggu (11/2/2024) sore.

Sementara itu, Karno, Operator dan Pemelihara Bendung Wilalung menjelaskan, bahwa situasi debit air saat ini masih terbilang aman. Debit air saat ini 612,8 dan sudah turun banyak jika dibanding hari Kamis (8/2/2024) lalu.

“Kalau pas kejadian itu kan debit air sekitar 1100, jika selarang 612,8 itu kan sudah turun banyak. Tidak benar kabar itu,” tegasnya.

Baca juga: Pemilu 2024 di Demak ‘Dihantui’ Banjir, TPS Akan Ditempatkan di Lokasi Pengungsian 

Dalam kondisi seperti ini, Karno meminta warga agar tidak menyebarkan kabar bohong yang membuat situasi tidak kondusif. Ia juga mengajak untuk bersama-sama saling membantu dan berdoa agar banjir segera surut.

“Ayo lah, kita sama-sama gotong royong saling membantu. Jangan malah menyebarkan berita bohong,” tambahnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER