31 C
Kudus
Jumat, Juni 14, 2024

Warga Tunanetra RPS Bhakti Chandrasa Ikuti Lomba Kenali Uang Rupiah

BETANEWS.ID, SOLO – Para penyandang disabilitas tunanetra tampak berkumpul di Aula Rumah Pelayanan Sosial (RPS) Bhakti Chandrasa Surakarta, Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo, Sabtu (26/8/2023). Mereka tampak gembira karena tengah mengikuti perlombaan memilah uang logam rupiah.

Mereka duduk di kursi sembari menunggu giliran mengikuti perlombaan. Dalam satu kelompoknya dikuti oleh tiga orang, dan mereka harus berhasil menemukan sejumlah uang sesuai dengan peraturan permainan, dan kemudian akan dihitung oleh panitia.

“Kami memilih perlombaan itu untuk menguji teman-teman di kalangan tunanetra bagaimana mengenali rupiah kita, ya terutama untuk pecahan Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000,” ujar Ketua Kelompok Masyur Tuna Netra Sabtu Wage (KMTS), Purwanto.

-Advertisement-

Baca juga: 16 Ribu Warga Solo Jadi Pengangguran, Ada Imbas Pandemi hingga Perang Rusia-Ukraina

Purwanto megatakan, lomba ini dipilih karena masih ada dari kalangan tunanetra yang belum bisa membedakan uang rupiah, terlebih untuk uang kertas. 

“Cuma ada alat bantu yang bisa membantu kami. Sebagian bsia menggunakan alat bantu, tapi sebagian lagi menandalkan orang lain. Jadi harus ditanyakan kepada anak, istri atau orang lain,” katanya. 

Purwanto juga mengatakan, kegiatan ini digelar tepat pada Sabtu Wage, yang mana pada hari tersebut seluruh anggota dan alumni RPS Bhakti Chandrasa berkumpul bersama dan bersilaturahmi setiap tiga bulan sekali.

“Kegiatan setiap Sabtu Wage itu ada kegiatan seperti pada masyarakat umumnya, seperti arisan, koperasi, kegiatan tabungan, donor darah. Kemudian ada beberapa program lain seperti besuk, jagong, dan lain-lain seperti itu,” ujarnya.

Baca juga: Gibran Gandeng Huawei untuk Hadirkan Teknologi Konektivitas Giga City, Apa Itu?

Kepala Shift Koordinator, Seksi Bimbingan RPS Bhakti Chandrasa Surakarta, Joko Prayitno, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Selain itu, pada kegiatan ini juga digelar donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Solo.

“Kebetulan teman-teman tunanetra ini setiap Sabtu Wage selalu mengadakan kegiatan rutinan pertemuan antara alumni RPS bersama keluarga masing-masing. Di sini tadi kegiatan selain perlombaan juga ada kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Surakarta,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER