31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Kumpulkan Pajak Rp 613 M, Tahun Ini Realisasi Penerimaan KPP Pratama Kudus Lampui Target

BETANEWS.ID, KUDUS – Realisasi penerimaan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus di tahun 2022 sudah terlampui. Bahkan, persentase penerimaan pajak di KPP Pratama Kudus tertinggi di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah l.

Hal itu diungkap oleh Kepala KPP Pratama Kudus melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal, Sahid Handoko Warih ketika memberi sambutan di acara pemusanahan rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Kudus. Dia mengatakan, hingga tanggal 20 Desember 2022 realisasi penerimaan pajak pada KPP Pratama Kudus sudah tercapai Rp 613,4 miliar, dari target sebesar Rp 487,8 miliar.

Baca juga: Penerimaan Pajak Sudah Capai 73,60 Persen, KPP Pratama Kudus Peringkat Pertama se-Jateng

-Advertisement-

“Artinya terget penerimaan pajak KPP Pratama Kudus bisa terlampui, dengan persentase 125,74 persen. Persentase penerimaan pajak KPP Pratama Kudus ini tertinggi di Kanwil DJB Jateng l,” ujarnya.

Dia mengatakan, penerimaan pajak KPP Pratama Kudus bersumber dari berbagai jenis pajak. Di tahun 2022, penerimaan tertinggi adalah dari pajak penghasilan (PPh) yang menyumbang hingga 61,53 persen. Disusul pajak penambahan nilai (PPN) dan pajak penambahan nilai barang mewah (PPNBM) sebesar 30,99 persen.

“Kemudian pajak lainnya sebesar 7,47 persen. Pajak bumi dan bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) berkontribusi 0,01 persen,” rincinya.

Dia menuturkan, Kabupaten Kudus dengan sembilan kecamatan, sembilan kelurahan serta 123 desa, memiliki jumlah penduduk kurang lebih 832,6 ribu jiwa. Dari jumlah tersebut, terdapat 170 wajib pajak, yang terdiri dari berbagai sektor.

Di antaranya, sektor perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib, kegiatan jasa lainnya, serta jasa keuangan dan asuransi.

“Sektor yang saya sebut itu merupakan yang dominan sebagai penyumbang penerimaan pajak di KPP Pratama Kudus,” bebernya.

Baca juga: KPP Pratama Kudus Beri Penghargaan 25 Wajib Pajak Pribadi

Dia mengungkapkan, bahwa target penerimaan pajak KPP Pratama di tahun 2022 turun jika dibanding tahun sebelum-sebelumnya. Menurutnya, di tahun sebelumnya target penerimaan pajak KPP Pratama Kudus bisa berkisar sampai Rp 1,2 triliun sampai Rp 1,3 triliun.

“Hal itu dikarenakan sejak tahun ini wajib pajak besar di Kudus dikelola oleh KPP Madya Semarang. Sehingga target penerimaan KPP Pratama Kudus pun turun jadi Rp 487,8 miliar,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER