31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKULINERWarung Sego Menir...

Warung Sego Menir di Undaan Ini Jualan 2 Jam Langsung Ludes

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah warung makan berdinding kayu terlihat cukup ramai saat memasuki gang sebelah Masjid Jami’ Baiturrohman Desa Wates, Kecamatan Undaan. Warung makan tersebut adalah WM Ibu Hj Sekar yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Di warung tersebut, tersedia ┬ámenu sego menir yang masih eksis dan diminati masyarakat sekitar hingga saat ini.

Pemilik warung, Sekarni (65) mengatakan, warung itu sudah ada sejak 2005 yang menyediakan berbagai menu sarapan, salah satunya adalah menu legendaris, sego menir. Saking larisnya, terkadang berjualan selama dua jam sudah habis.

Sekarni sedang membungkus sego menir yang dijual di warungnya. Foto: Kaerul Umam

“Karena jarang ditemui, jadi banyak peminatnya. Bahkan pembeli dari luar desa juga banyak, seperti Desa Payaman, Undaan Kidul, Karangrowo, Kalirejo, dan Jati,” bebernya, Sabtu (5/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Sego Gunung di Warung Ayam Geprek Uenakkene Ini Harganya Murah Porsinya Banyak

Ia menjelaskan, sego menir merupakan beras kecil-kecil dari hasil penggilingan atau penumbukan yang kemudian dimasak. Di masyarakat Kudus sendiri, makanan legendaris ini masih populer, tapi keberadaannya jarang ditemui.

Sego menir yang disediakan di sana itu dikasih kuluban, sambal terasi, dan gimbal teri. Menu tersebut cukup memikat pembeli, yang menurutnya dalam sehari bisa menjual hingga 200 porsi lebih. Sementara untuk harga ia mematok dengan harga Rp 2.500 per porsinya.

“Biasanya kalau saya buka warung itu mulai pukul 5.00 WIB hingga habis. Kadang kalau ramai pukul 8.00 sudah tutup. Ya tergantung sepi ramainya pembeli,” ucap warga Desa Wates RT 3 RW 2, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu.

Baca juga: Pecel Pakis Mbok Yanah di Colo Ini Pelanggannya Mulai Pejabat hingga Megawati

Tak hanya sediakan sego menir, kata Sekar, di sana juga menyediakan menu sarapan yang harganya murah, di antaranya lodeh, garang asem, botok petet, pepes pindang, dan pepes bandeng.

“Untuk harga botok petet Rp2 ribu, garang asem Rp7 ribu, pepes pindang Rp11 ribu, dan pepes bandeng Rp11 ribu,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler