31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKULINERSambal Pacar, Kuliner...

Sambal Pacar, Kuliner Legendaris yang Hanya Ada di Japan

BETANEWS.ID, KUDUS – Deretan stand yang ada di Lapangan SDN 2 Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu tampak ramai dikunjungi warga yang meramaikan Artsotika Muria ke-4. Salah satu yang menarik perhatian adalah stand sambal pacar, kuliner legendaris yang susah ditemui di Kota Kretek.

Menurut Pegiat Wisata Desa Japan Irma Hestin, pecel pacar sudah ada sejak zaman dahulu, tapi tidak banyak orang yang tahu soal kuliner ini. Makanya, pihaknya kini memasukkannya ke dalam paket wisata Desa Japan agar banyak orang yang tahu keberadaan makanan tersebut.

“Kita punya kuliner khas yang kita masukan dalam paket wisata, yaitu sambal pacar. Pasti semua orang tahu ada bunga pacar yang hidup di pinggir jalan atau ke tempat yang agar berair, biasanya ada bunga pacar. Nah buahnya yang kecil-kecil kita jadikan kuliner karena banyak khasiatnya dan enak tentunya,” kata wanita yang akrab disapa Titin itu, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Usung Konsep Prasmanan, Kedai Seblak Ma’e di Jepara Ini Pelanggan Bisa Suka-suka Pilih Isiannya

“Rasanya mirip dengan sambal pokak, bedanya ada sensasi ceplus-ceplusnya dan banyak khasiatnya, bisa mengatasi kolesterol, perut kembung,” imbuhnya.

Untuk membuat sambal pacar, menurut Titin cukup mudah. Mula-mula, buah pacar dipisahkan dengan bijinya. Setelah itu direndam ke dalam air panas selama beberapa menit lalu dicampur dengan sambal.

“Sambalnya itu dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, kemudian diulek dan buah pacarnya digeprek-geprek,” terangnya.

Baca juga: Pecel Pakis Mbok Yanah di Colo Ini Pelanggannya Mulai Pejabat hingga Megawati

Titin menjelaskan, sementara ini terkait produksi dan pemasaran sambal pacar masih dalam tahap perencanaan. Akan tetapi ia menyarankan, jika ingin menikmati sambal pacar dapat bergabung dalam paket wisata kuliner di Desa Japan.

“Sementara ini untuk menikmati sambal pacar masuk dalam paket wisata. Jadi jika berkunjung ke Desa Japan bisa mencicipi kuliner ini,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler