31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKULINERMenikmati Segarnya Es...

Menikmati Segarnya Es Oyen Khas Bandung di Kalinyamatan yang Bikin Ketagihan

BETANEWS.ID JEPARA – Bagi penyuka minuman dingin, Es Oyen di Jalan Jepara – Kudus, Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, ini wajib untuk dicoba. Apalagi di cuaca panas, minuman dingin seperti Es Oyen ini banyak dicari untuk melepas dahaga.

Di lapak Es Oyen itu, tampak ramai oleh pelanggan yang datang silih berganti. Beberapa di antara mereka ada yang sedang menikmati semangkuk Es Oyen, ada pula yang duduk sambil menunggu pesanan es siap.

Para pembeli sedang mencicipi Es Oyen di Kalinyamatan yang bikin segar saat cuaca panas. Ftoo: Erna Safitri

Menurut Ahmad Rifa’i (37) pedagang Es Oyen, es yang dijualnya itu merupakan minuman khas dari Kota Bandung, Jawa Barat. Es Oyen yang dijualnya ini memilik isian berupa mutiara, jeli, alpukat, irisan buah nangka, daging kelapa muda,  susu kental manis, air gula Jawa, kemudian diberi kuah air kelapa muda.

- Ads Banner -

Baca juga: Punya Kemasan Unik, Es Teh di Outlet Fill Me Ini Bikin Banyak Orang Penasaran

“Es Oyen ini aslinya pakai pacar Cina. Karena di sini susah, jadi saya ganti mutiara, lalu kolang kalingnya pakai jeli, irisan buah nangka, alpukat, degan atau kelapa muda, susu, air gula Jawa, dan air kelapa muda,” katanya, Kamis (3/11/2022).

Rifa’i sapaan akrabnya menambahkan, untuk air gula Jawa, dirinya menggunakan gula Jawa asli dan gula pasir yang direbus. Sedangkan kuahnya ia hanya mengandalkan segaranya air kelapa muda tanpa tambahan apapun.

“Untuk air gula Jawa pakai gula asli dan gula pasir, kuahnya tidak ada campuran air, hanya air kelapa saja. Kalau untuk harga, sementara masih Rp 7 ribu,” tambahnya.

Menurut Rifa’i, pelanggan yang datang kebanyakan pengendara yang melintas dan warga lokal dari beberapa kecamatan di Jepara. Dalam sehari, setidaknya Rifa’i bisa menjual 40 hingga 100 porsi Es Oyen.

Baca juga: Menikmati Segarnya Es Buah Rumput Laut 99 di Kaliwungu, Harganya Cuma Rp6 Ribu

“Penjualan tergantung cuaca, kadang 20 pas hujan dari pagi sampai sore, kalau cuaca saat ini 40, waktu cuaca panas musim kemarau bisa 100 porsi lebih sehari,” akunya.

Jika ingin menikmati segarnya Es Oyen khas Bandung buatan Rifa’i, lapaknya tersebut buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 WIB. Bagi yang ingin memesan untuk acara hajatan ataupun arisan dapat menghubungi WhatsApp di 0813-3184-0412.

“Menerima pesanan juga untuk acara hajatan, arisan baik sekitar Kalinyamatan atau luar Kalinyamatan. Bisa WA di 0813-3184-0412 atau datang ke sini,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler