31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Kenapa Tubuh Gampang Sakit saat Musim Pancaroba? Ini Penjelasan Ketua IDI Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Di wilayah Jawa Tengah termasuk Kabupaten Kudus, saat ini memasuki musim pancaroba. Di musim dengan cuaca yang tak menentu tersebut, mengakibatkan banyak orang mudah terserang penyakit.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kudus Ahmad Syaifuddin mengatakan, beberapa bulan terakhir kasus Covid-19 memang sedang naik. Namun, di satu sisi, cuaca yang tidak begitu bersahabat juga jadi faktor mengakibatkan banyak orang yang sakit.

“Ini kita memasuki musim pancaroba. Di mana cuaca berganti dengan cepat. Cuaca panas tiba-tiba berganti jadi hujan, sehingga membuat daya tahan tubuh manusia jadi cepat turun,” ujarnya kepada Betanews.id ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

-Advertisement-

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Inilah Berbagai Penyakit yang Wajib Diwaspadai

Ada beberapa faktor yang menjadikan daya tahan tubuh manusia menurun saat musim pancaroba. Menurutnya, musim pancaroba identik dengan musim yang cukup ekstrem dan drastis perubahannya. Sehingga, menuntut tubuh untuk beradaptasi dengan cepat pula.

“Namun, tubuh manusia itu tak bisa cepat merespon. Karena tubuh kita yang masih gagal melakukan penyesuaian dari panas ke dingin atau sebaliknya itulah, sehingga tubuh langsung jadi ngedrop,” jelasnya.

Untuk jenis penyakit yang perlu dihindari ketika musim pancaroba, tuturnya, adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan infeksi. Di antaranya tipes, influenza serta Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Pokoknya penyakit yang berhubungan dengan kasus infeksi dan mudah menular pasti meningkat di musim pancaroba. Oleh karenanya warga harus selalu waspada,” ungkapnya.

Baca juga: Kasus DBD di Kota Semarang Naik Hingga 3 Kali Lipat

Ia pun mengimbau kapada warga Kudus agar selalu jaga kebersihan lingkungan. Untuk kasus DBD harus dilaksanakan 5M, yakni, menguras, menutup, mengganti, mengubur dan menaburkan. Perilaku hidup bersih serta sehat harus terus dijaga dan dilakukan.

“Pokoknya lingkungan harus kita jaga kebersihannya. Istirahat dan makan yang cukup serta lakukan olahraga agar kita tak mudah sakit di musim pancaroba ini,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER