31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaSEMARANGKasus DBD di...

Kasus DBD di Kota Semarang Naik Hingga 3 Kali Lipat

BETANEWS.ID, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang mencatat, pada tahun 2022 ini, angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) naik 2 sampai 3 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Mochamad Abdul Hakam menerangkan, naiknya kasus DBD di Semarang mencapai angka 700 sekian.

“Dibandingkan tahun kemarin, tahun ini naiknya bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat. Bahkan sebenarnya tidak hanya di Kota Semarang saja, kasus DBD ini tinggi, termasuk di Kota-kota besar kasusnya tinggi,” akunya.

- Ads Banner -

Baca juga: Tekan Angka Kasus Demam Berdarah, Dinkes Kota Semarang Akan Gunakan Metode Wolbachia

Sehingga, pihaknya pun mengimbau, di musim pancaroba seperti ini masyarakat harus lebih berhari-hati mengenali tanda-tanda DBD.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati-hati. Karena kalau musim seperti ini akan ada tempat yang akhirnya menjadi tempat untuk menimbun air, yang nanti akan jadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti. Akhirnya membuat kasusnya meningkat di daerah tersebut,” jelasnya.

Menangapi kasus yang semakin tinggi, Hakam pun mengaku, awal bulan November, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan mempersiapkan pilot project nyamuk aedes wolbachia, sebagai langkah untuk menurunkan angka kasus DBD.

Wolbachia sendiri merupakan metode baru yang dapat melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk aedes aegypti, sehingga virus dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia.

Baca juga: Waspada Mom, Hingga Mei 2022 Tercatat 229 Anak di Kudus Terkena Demam Berdarah

“Kemungkinan awal November, kita akan mendampingi kunjungan kerja Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dalam rangka persiapan implementasi pilot project nyamuk aedes berwolbachia di Kota Semarang,” ungkapnya.

Meski sudah ada upaya, Hakam tetap mengimbau untuk tetap melakukan gerakan 3M Plus, seperti menguras, menutup, dan mendaur ulang serta tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler