31 C
Kudus
Sabtu, November 26, 2022
BerandaKESEHATANKasus Covid-19 Diprediksi...

Kasus Covid-19 Diprediksi Naik, DKK Semarang Imbau Warga untuk Segera Vaksin Booster

BETANEWS.ID, SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang memprediksi angka Covid-19 kembali melonjak. Hal ini terlihat dari naiknya persentase yang semakin naik mendekati akhir tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menerangkan, per bulan Januari 2022 sampai Selasa (08/1122), angka Covid-19 kembali naik. Jumlahnya mencapai 141 pasien.

“Angka Covid kembali naik lagi, siang ini update ada 141 pasien, 75 pasien dirawat di Semarang, sisanya 66 tetapi dirawat di luar Semarang. Kita juga memantau, di akhir tahun nanti untuk kasus covid akan ada lonjakan,” tambahnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Dinas Kesehatan Semarang Prediksi Kasus Covid-19 Bakal Naik hingga Maret

Mengenai hal tersebut, Hakam pun mengaku akan mulai selektif lagi dan mengatur ulang mengenai jumlah kapasitas di tempat umum. Jika kemarin sudah 100 persen, nanti akan dikurangi, namun pihaknya tetap menunggu imbauan dari pemerintah pusat.

“Kedua, setiap kali masuk ke tempat umum silakan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jika belum booster silakan datang ke puskesmas. Rumah dinas ada 24 jam, nakes siap 24 jam. Perlu adanya pengetatan lagi,” bebernya.

“Mari kita bersama-sama, Januari dan Febuari katanya ada kenaikan, semoga dengan pemakaian PeduliLindungi harapannya bisa menekan kasus tambahan yang tinggi nanti,” katanya.

Selain mengurangi kapasitas, Hakam pun mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksin sampai tahap booster jelang Nataru. Pihaknya berharap, nantinya vaksin booster bisa sampai 80 persen.

Sebab jika sudah melakukan vaksin booster dan misal terpapar, pemulihannya akan cepat. Mungkin sekitar 3 hari sudah dinyatakan sembuh dengan catatan tidak ada komorbid lainya.

Baca juga: Terjadi Tren Kenaikan Kasus Covid, Masyarakat Diminta untuk Tetap Pakai Masker saat di Keramaian

Lalu mengenai stok vaksin di Kota Semarang, pihaknya mengaku saat ini jumlahnya tidak banyak, tetapi ia bisa memastikan stok akan selalu ada.

“Stok vaksin saat ini mungkin tidak banyak tapi selalu ada. Kalau kemarin sempat di dua tempat di rumah dinas dan puskesmas Pandanaran, hari ini sudah buka di seluruh puskesmas. Sampai stok tadi malam ada di 7.230-an dosis yang masih kita punya. Kalau nanti di bawah seribu, pasti kita akan minta lagi ke pusat,” tutupnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,334PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler