31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaSOLOBea Cukai Solo...

Bea Cukai Solo Musnahkan 3,8 Juta Batang Rokok Ilegal

BETANEWS.ID, KARANGANYAR – Bea Cukai Solo memusnahkan 3,8 juta batang rokok ilegal di kantornya, Selasa (22/11/2022) pagi. Kepala Kantor Bea dan Cukai Solo Yetty Yulianty menyampaikan, rokok ilegal tersebut rata-rata didapatkan dari penemuan saat pengiriman.

“Kalau ini sebagian besar pas pengiriman, rokok polos, nggak ada pengiriman, nggak ada pita cukai, produksinya nggak diketahui. Paling banyak merata di tujuh kabupaten/kota, di semua tempat ada. Kebanyakan di jasa ekspedisi,” papar Yetty.

Menurutnya, rokok-rokok tersebut bukan diproduksi di Solo Raya, melainkan di daerah lain. Dalam penelusuran rokok ilegal tersebut, Yetty mengatakan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan kantor Bea Cukai di wilayah lainnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Gerebek Rumah di Jepara, Bea Cukai Kudus Sita Rokok Ilegal Senilai Rp1,1 Miliar

“Kita berkoordinasi ya kalau untuk ke produsen ya, kalau ini mungkin tidak dibuat di sini (Solo Raya). Kalau kita lihat dari daerah lain, kalau untuk instansi bea cukai kita selalu koordinais ke sesama kantor Bea Cukai. Paling banyak Jawa Timur,” jelasnya.

Selain memusnahkan rokok ilegal, Bea Cukai Solo juga memusnahkan barang lainnya, seperti minuman beralkohol, barang impor berupa benih tanaman, sex toys, obat, kondom, fishing lures, makanan, pakaian, kosmetik, part senjata, dan handphone batangan yang tidak memenuhi ketentuan lartas.

Baca juga: Bea Cukai Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp4,1 Miliar di Semarang dan Kendal

Barang tersebut merupakan hasil penindakan yang dilakukan selama Desember 2021 sampai Oktober 2022. Yetty menyebut, perhitungan potensi pungutan cukai barang yang dimusnahkan sebesar Rp3.056.203.335,28 dan perkiraan nilai barangnya sebesar RpRp 4.604.792 130,00.

“Proses pemusnahan barang-barang tersebut dilakukan dengan cara dibakar dan dengan cara perusakan sehingga tidak dapat dipergunakan lagi,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler