31 C
Kudus
Sabtu, November 26, 2022
BerandaKULINERYangko Eka Eco,...

Yangko Eka Eco, Oleh-Oleh Khas Borobudur yang Punya Omzet Puluhan Juta Sebulan

BETANEWS.ID, MAGELANG – Eka Yulia Astutik terlihat sedang menata yangko di outlet miliknya yang berada di Dusun 8, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bersama belasan karyawannya, mereka tampak sibuk melayani pesanan pembeli yang meroket sejak ikut Lapak Ganjar.

Bagi Eka, program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk membantu Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) itu jadi penyelamat usahanya tatkala sepi pesanan. Bahkan menurutnya, sejak direpost oleh Ganjar, pesanan Yangko Eka Eco yang punya banyak varian rasa itu melesat hingga 80 persen.

“Sekarang ada sekitar 200 reseller yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan sebagian luar Jawa,” ungkapnya sat ditemui, beberapa waktu lalu.

- Ads Banner -

Baca juga: Bolu Tetes dan Kue Akar Kelapa Seriezh Penjualannya Tembus Toko Modern Hingga Pasar Luar Jawa

Menurut Eka, sebelum ikut Lapak Ganjar ia hanya bisa memproduksi puluhan porsi sehari dengan pangsa pasar hanya di sekitar Magelang saja. Waktu itu, dirinya juga belum punya karyawan.

“Setelah ikut, sekarang bisa produksi seribuan porsi sehari. Karyawan juga sudah ada belasan dari warga sekitar,” beber Eka.

Hal sama juga dirasakan Vivi Christiana. Penyedia jasa titip (jastip) asal Tangerang itu mengaku bahwa Lapak Ganjar menjadi acuan untuk berburu produk UMKM lokal yang akan ia jual kembali. 

“(Lapak Ganjar) sangat membantu kalangan kita yang di luar daerah lihat barang dan produk UMKM,” ujarnya.

 Salah satu UMKM yang sampai saat ini bekerjsama dengannya adalah Yangko Ekaeco yang Ia dapatkan dari informasi Lapak Ganjar.

Baca juga: Punya Banyak Varian Rasa Jadi Andalan Pisang Productions Tarik Puluhan Pembeli Tiap Hari

“Kami dari Tangerang kita melihat dari sosmed ada Lapak Ganjar tertarik di situ menarik di daerah Borobudur ada yangko beda di daerah lain saya rasakan enak. saya kontak ternyata antusiasnya luar biasa,” paparnya.

Makanya, Vivi mengapresiasi upaya Ganjar yang peduli terhadap UMKM itu. Apalagi sejak ada program tersebut, banyak UMKM yang sangat terbantu.

“Itu sangat luar biasa bisa membantu masyarakat kecil untuk tetap bertahan. Sampai saat ini saya lebih banyak cari di Lapak Ganjar karena banyak varian produk,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,334PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler