31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaUMKMJamur Krispi Mak...

Jamur Krispi Mak Krez, Usaha Rumahan Warga Kudus yang Produknya Sudah Ada di Puluhan Toko Modern

BETANEWS, KUDUS – Di Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, terdapat bisnis rumahan yang memproduksi jamur tiram krispi, yakni Mak Krez. Meskipun terlihat sederhana, produk ini telah dijual di 55 toko modern di Kudus, yakni Indomaret.

Hal itu dikatakan Pemilik usaha Mak Krez Afriani Arifah (40). Menurutnya, jamur krispi buatanya, tidak hanya dapat dibeli di Indomaret saja, melainkan juga di CMC Freshmart di jalan Veteran Kudus. Tidak hanya itu, penjualannya bahkan telah ke luar pulau Jawa.

Jamur krispi Mak Krez. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Dari Cuma Iseng, Kini Afriani Sukses Bisnis Jamur Krispi dengan Brand Mak Krez

- Ads Banner -

“Mak Krez dapat di beli di CMC Freshmart di Jalan Veteran dan 55 toko Indomaret di Kabupaten Kudus. Alhamdulillah penjualannya sudah sampai di Tangerang, Pati, Jepara dan Tegal. Paling jauh itu kita dapat order dari Papua,” katanya pada betanews.id, Jumat (14/10/2022).

Mak Krez memiliki tujuh varian rasa, di antaranya original, balado, BBQ, keju, jagung manis, jagung bakar, dan sapi panggang. Afriani menambahkan, untuk membuat jamur krispi, hanya membutuhkan tepung terigu dan bumbu-bumbu rahasia.

“Cara buatnya, jamur tiram yang fresh itu disuwir-suwir, kemudian setelah itu kita siram dengan air panas untuk menghilangkan kotoran-kotorannya, berikutnya kita cuci sampai bersih dengan air mengalir, lalu kita spinner agar menghilangkan airnya. Kemudian kita bumbui dan diamkan beberapa menit. Setelah itu kita tepungi dengan tepung kering, kemudian kita goreng, lalu spinner lagi untuk menghilangkan minyak, baru dikemas,” imbuhnya.

Afriani menerangkan, kelebihan dari jamur krispi Mak Krez, yakni diproduksi tanpa bahan pengawet. Selain itu, pembeli juga tidak akan dibuat seret ketika memakannya.

“Kelebihannya kita produksi tanpa bahan pengawet dan tahan selama dua bulan. Selain itu, ketika dimakan tidak bikin seret, karena telah melalui spinner terlebih dahulu,” terangnya.

Jamur krispi Mak Krez, katanya tidak pernah sepi dari pembeli. Hal itu lantaran rasanya yang gurih, enak, dan sedap. Afriani menceritakan, beberapa pelanggananya bahkan pernah testimoni untuk mencoba jamur krispi lain, akan tetapi kembali lagi untuk mencoba Mak Krez.

Baca juga: Bolu Tetes dan Kue Akar Kelapa Seriezh Penjualannya Tembus Toko Modern Hingga Pasar Luar Jawa

“Penilaian pelanggan itu di luar ekspektasi saya ya, katanya ini enak, berbeda dengan jamur yang lainnya. Bahkan ada beberapa kastamer nyoba jamur lainnya, tapi akhirnya kembali ke Mak Krez,” ujarnya.

Jamur tiram krispi Mak Krez dijual mulai dari harga Rp12 ribu per 50 gram. Pembeli dapat memesan secara langsung dengan beberapa mitra Mak Krezh, atau secara online lewat media social Instagram dan Facebook @mak_krez.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler