31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKISAHDari Cuma Iseng,...

Dari Cuma Iseng, Kini Afriani Sukses Bisnis Jamur Krispi dengan Brand Mak Krez

BETANEWS, KUDUS – Wanita itu tampak sibuk menimbang dan memasukkan jamur krispi dari dalam toples ke sebuah kemasan plastik kekinian. Sebagian, jamur krispi tersebut sudah pesanan pelanggan, dan sebagian lagi akan ditaruh di beberapa toko modern yang ada di Kudus.

Jamur krispi dengan brand Mak Krez tersebut, merupakan usaha rumahan yang dirintis oleh Arifah Afriani (40), warga Desa Bakalankrapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Produk snack Mak Krez yang sudah tembus Indomaret. Foto: Sekarwati

Afriani mengatakan, memulai usaha Mak Krez sejak 2018. Awalnya, usaha itu hanya dari keisengan dirinya yang suka berkreasi membuat masakan. Ia yang mulanya menjual nasi boks, kemudian bekerja sama dengan adiknya membuat olahan jamur tiram krispi yang banyak diminati masyarakat Kudus.

- Ads Banner -

Baca juga: Jamur Krispi Hirneola yang Gurih dan Renyah ini Peminatnya dari Berbagai Daerah

“Mak Krez ini tahun 2018, pertama dari iseng buat-buat dan suka berkreasi menciptakan suatu produk. Lalu kita berkreasi dengan kemasan bagaimana kita distribusikan biar menciptakan snack yang enak bagi warga Kudus,” katanya pada betanews.id, Jumat (14/10/2022).

Saat itu, Afriani yang memiliki keinginan untuk menjual Mak Krez di ritel modern, kemudian mencoba mengikuti beberapa tips dari influencer pengusaha lewat YouTube. Ia pun belajar secara otodidak dan mengembangkan kemasannya menjadi lebih menarik.

“Desain kemasan saya ini malah belajar otodidak lewat YouTube Subiakto dan Dodi Zulkifli yang megang Indofood McD, bagaimana cara bikin kemasan yang menarik dari mereka,” ujarnya.

Usaha Afriani yang dimulai dari giat mempromosikan lewat grup grup WhatsApp dan sempat dititipkan di warung es belakang DPRD Kudus, membuahkan hasil. Produk Mak Krez kini dapat dibeli di CMC Freshmart dan 55 Indomaret, serta sudah tembus di beberapa kota seperti Tangerang, Pati, Jepara, Tegal, dan Papua.

“Alhamdulillah kalau ada pameran UMKM, Pak Bupati Kudus kalau foto selalu Mak Krez yang diambil, mungkin saja ini benar dari ilmu yang saya dapat dari YouTube Subiakto. Ini berarti memang eye catching,” terangnya.

Baca juga: Kisah Sukses Siti Jualan Snack yang Kini Tembus 63 Toko Modern di Pati

Mak Krez dijual dengan harga Rp 12 ribu per 50 gram. Terdapat tujuh varian yang disediakan, di antaranya, original, balado, BBQ, keju, jagung manis, jagung bakar, dan sapi panggang. Tidak hanya enak, jamur krispi buatan Afriani tidak menggunakan bahan pengawet dan tidak seret ketika dimakan.

“Kelebihan dari Mak Krez, itu proses produksinya fresh, jadi tidak menggunakan bahan pengawet dan tahan selama dua bulan. Selain itu, tidak bikin seret ketika dimakan,” terangnya.

Ibu tiga anak ini berharap, ke depannya Mak Krez dapat dijangkau seluruh pembeli terutama masyarakat Kudus. Afriani dengan sungguh-sungguh akan mengembangkan usahanya ini menjadi produk yang diminati banyak orang.

“Target ke depan saya ingin menguasai pasar Kudus dulu sih, punya cita-cita keluar sih ada tapi tidak terlalu ngoyo, yang terpenting konsisten ini saja sudah alhamdulilah,” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler