31 C
Kudus
Minggu, Desember 4, 2022
BerandaKESEHATANDKK Sebut di...

DKK Sebut di Kota Semarang Nol Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

BETANEWS.ID, SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang Abdul Hakam menyebut, hingga saat ini, di Kota Semarang belum ditemukan adanya kasus gagal ginjal akut pada anak.

“Hingga saat ini, di Semarang tidak ada,” katanya.

Terkait dengan dugaan penyebab penyakit gangguan ginjal akut misterius yaitu yakni obat sirup penurun panas, Hakam menegaskan tak mau menduga-duga.

- Ads Banner -

“Itukan baru dugaan to, jangan dibesar-besarkan. Dari dulu kita juga mengonsusmsi seperti itu kok. Kecuali kalau ada pabrik baru gitu,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Gagal Ginjal Pada Anak Meningkat, Kenali Ciri dan Gejalanya

Hakam mengaku, pihaknya sudah bekomunikasi dengan BPOM dan farmasi terkait fenomena itu. Pihaknya akan melakukan tindakan jika sebabnya mengarah ke obat penurun panas tersebut.

“Kalau misalnya ada kecurigaan ke arah sana, pasti akan kita tindaklanjuti. Tapi insyaallah mudah-mudahan tidak ada.” ujarnya.

Lebih lanjut, Hakam mengimbau agar warga untuk terus mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan yang bisa menjadi oksidan dalam tubuh. Menurutnya, jika mengkonsumsi makanan bergizi akan baik bagi kesehatan.

“Kalau imbauan ya makan yang bergizi, kemudian hindari makanan yang bisa menjadi oksidan dalam tubuh kita. Oksidan itu banyak sekali, seperti makan berpengawet kemudian makanan yang dibakar,” tutupnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler