31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSBelajar Sejarah dengan...

Belajar Sejarah dengan Asyik Ala Museum Patiayam

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) Kabupaten Kudus mengajak siswa SDN 1 Terban belajar sejarah di Museum Patiayam, Selasa (4/10/2022). Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang kembali bisa dilaksanakan setelah terhenti pandemi Covid-19.

Setelah mendapat pelajaran sejarah dari dua pemateri dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah yakni Dwi Harjanti dan Evi Siti Nuryati, siswa SDN 1 Terban dapat tugas menganali nama-nama fosil melalui lembar soal. Para siswa kemudian diajak masuk ke dalam Museum Patiayam dan mencari jawaban dari tugas yang diberikan.

Siswa SDN 1 Terban saat belajar sejarah di Museum Patiayam. Foto: Sekarwati

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Yusron mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar siswa mengetahui sejarah peninggalan nenek moyang. Upaya ini dilakukan untuk mengenalkan lebih dalam mengenai pentingnya menjaga kelestarian Situs Purbakala Patiayam pada anak-anak sejak dini.

- Ads Banner -

Baca juga: Gedung Baru Museum Patiayam Diperkirakan Rampung Awal Desember

“Biar semuanya itu tahu, bahwa di sini ada Situs Purbakala Patiayam dan ini budaya kita, sejarah yang perlu dipelajari dan diuri-uri, sehingga mereka tidak melupakan budaya daerahnya. Misal nanti pas mereka keluar ada kebanggaan bahwa di sini ada peninggalan nenek moyang mereka,” katanya.

Alhamdulillah tadi kita melihat bagaimana anak-anak tadi begitu gembiranya, bagaimana mereka menyambut ini dengan antusias, sehingga kegiatan pada pagi hari ini betul-betul suskes dan mereka semangat,” imbuhnya.

Dari acara tersebut, Yusron berharap ada anak Desa Terban yang jadi ahli arkeologi di masa depan. Sehingga, siswa-siswi yang hadir dapat memiliki rasa kepemilikan dan perhatian dengan kelangsungan adanya situs Purbakala Patiayam.

“Saya harapkan mereka yang hadir dalam pembelajaran ini, akan timbul pemikiran bahwa saya harus menjadi ahli arkeolog. Ketika mereka bertugas di museum ini mereka akan bekerja lebih baik,” harapnya.

Baca juga: Koleksi Museum Patiayam Sudah Capai 9.346 Fragmen Fosil, Termasuk Manusia Purba

Siswa kelas VI SDN 1 Terban Nazilatul Munawwaroh mengaku senang mengikuti kegiatan belajar sejarah di Museum Patiayam. Adanya kegiatan itu, ia bisa mengetahui lebih banyak mengenai beberapa peninggalan purba seperti fosil dan kerang.

“Saya senang bisa belajar di Museum Patiayam dan bisa melihat barang-barang bersejarah seperti fosil dan kerang. Setiap hari Minggu saya pergi ke musuem,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler