31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaUMKMNona Kriwil, Boneka...

Nona Kriwil, Boneka Lucu dari Kain Perca yang Sukses Tembus Pasar Nusantara

BETANEWS.ID, SEMARANG – Jika biasanya kain perca hanya dibuang begitu saja, di tangan Darum Santi (46) warga Tlogosari, Semarang, perca dapat disulap menjadi boneka lucu yang punya nilai jual.

Santi sapaan akrabnya mengaku, ia mempunyai ide usaha boneka, karena kesukaannya membuat kerajinan dari bahan daur ulang dan bermain boneka. Kemudian akhirnya ia mencoba membuat boneka dari kain perca yang sudah tidak terpakai.

Aneka Boneka Nona Kriwil yang terbuat dari kain perca. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga: Senyum Owner Barokah Toys di Musim Haji, Mampu Jual 2 Ribu Boneka Unta

- Ads Banner -

“Idenya karena saya itu suka buat kerajinan gitu, dulu awalnya bikin macam-macam, kemudian setelah berkembang akhirnya kita fokus satu kerajinan saja yaitu Boneka Nona Kriwil,” katanya.

“Untuk kain perca saya dapat dari teman yang penjahit. Kan kalau dari mereka kainnya macam-macam. Ada kain batik, casual, ataupun brukat. Jadi untuk yang beli, biasanya saya cuma kain flanel untuk badanya, kemudian benang wol untuk rambut dan aksesoris untuk pelengkap hiasannya,” tambahnya.

Adapun yang menjadi khas dari Boneka Nona Kriwil, yaitu dari bentuk rambutnya yang kriwil serta pakainnya yang beraneka ragam. Di antaranya ada pakaian kasual, adat Nusantara dan boneka kebaya.

“Untuk pakaiannya kita macam-macam, ada yang pakai pakaian kasual, kemudian kebaya dan adat Nusantara 34 provinsi di Indonesia. Seperti pakaian adat Bali, Jawa, Maluku, Padang, Madura, dan masih banyak lagi,” katanya.

“Boneka Nona Kriwil juga bisa dipadukan untuk dijadikan kalung, gantungan kunci, dan hiasan. Kita ada dua ukuran, yang paling kecil itu 12 cm dan yang besar 22 cm,” tambahnya.

Kemudian, mengenai brand namanya, Santi mengaku, mendapatkan inspirasi dari para pelangannya yang sering memangil boneka buatanya dengan pangilan Boneka Kriwil. Sehingga dari situ Santi mengubahn nama brandnya yang awalnya Gemawasti Handmade menjadi Nona Kriwil.

Baca juga: Kreasi Unik Boneka Barbie Berhijab Buatan Dynda Ini Bisa Buat Oleh-oleh Loh

“Jadi saya mulai buka usaha ini tahun 2012 dengan nama brand Gemawasti Handmade. Kemudian waktu pandemi saya mencoba kreasi rambutnya saya bikin kriwil, nah dari situ banyak yang tertarik dengan rambut kriwil dan sering dipangil Boneka Kriwil. Sehingga tahun 2019, saya mengubah nama brand jadi Nona Kriwil,” jelasnya.

Lalu untuk peluang penjualannya, Santi mengaku untuk di Semarang saat ini belum terlalu banyak. Tetapi untuk di luar Semarang sudah banyak peminatnya.

“Penjualnya sudah sampai se Indonesia, paling banyak sekitar Jawa Barat, Jakarta, Solo, dan Jogja. Kalau untuk Semarang jujur belum banyak pasarnya, jadi masih masa pengenalan saja,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler